Berita Kediri

Dinkes Kota Kediri Percepat Vaksinasi Booster, Antisipasi Covid-19 Gelombang Ketiga dan Omicron

Pemkot Kediri melakukan percepatan vaksinasi booster sebagai antisipasi Covid-19 gelombang ketiga.

ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Kegiatan vaksinasi booster yang berlangsung di Taman Sekartaji, Kota Kediri, Sabtu (13/2/2022). 
TRIBUNMADURA.COM, KEDIRI - Dinas Kesehatan Kota Kediri melakukan percepatan vaksinasi booster atau vaksinasi ketiga.
Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi Covid-19 gelombang ketiga dan melindungi masyarakat dari varian Omicron.
"Untuk vaksinasi booster saat ini masih mencapai 9 persen dari jumlah keseluruhan masyarakat Kota Kediri," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr Fauzan Adima, saat meninjau vaksinasi booster di Taman Sekartaji, Sabtu (12/2/2022).
"Angka yang masih rendah, apalagi kita harus dihadapkan dengan gelombang ketiga Covid-19 yang kemungkinan akan terjadi," ungkap dia.
Ia menjelaskan, percepatan vaksinasi booster pada masyarakat perlu dilakukan karena angka masyarakat yang sudah divaksinasi masih sangat rendah. 
"Upaya percepatan vaksinasi akan terus diberikan. Vaksinasi booster ini kita berikan kepada masyarakat yang sudah menginjak usia 18 tahun ke atas. Dan jarak vaksinasi dosis keduanya sudah mencapai 6 bulan," jelasnya.
Vaksinasi booster di Taman Sekartaji disediakan kuota hingga 500 orang dimulai dari jam 08.00 WIB sampai 10.30 WIB.
Jenis vaksin booster yang diberikan adalah Moderna dan Astrazeneca.
"Alhamdulillah melihat antusias peserta yang mengikuti vaksinasi juga cukup banyak, ke depan akan kami tingkatkan lagi percepatan vaksinasi booster ini," ucap dia.
"Harapan saya stok vaksinasi dari pemerintah pusat juga bisa segera diberikan, agar percepatan vaksinasi bisa terus dilakukan," jelasnya.
Fauzan Adima mengingatkan agar masyarakat segera secepatnya melakukan vaksinasi booster di tempat-tempat yang sudah disediakan Pemkot Kediri.
Vaksinasi booster untuk menekan angka kasus dan meluasnya varian baru Covid-19 di Kota Kediri.
"Masyarakat tidak perlu khawatir dengan efek samping dari vaksinasi booster seperti isu-isu yang berkembang saat ini," katanya.
"Sudah wajar terjadi ketika merasakan kejadian pasca imunisasi (KIPI) seperti nyeri atau demam. Karena vaksin ini sudah dijamin keamanannya oleh pemerintah pusat, jadi masyarakat tidak perlu takut," ungkapnya.
Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dengan bertambahnya kasus Covid-19 setiap hari.
Diharapkan dengan percepatan vaksinasi yang dilakukan membuat dapat melindungi warga Kota Kediri dari Covid-19 dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat.
"Kami terus berupaya agar angka kasus Covid-19 di Kota Kediri dapat ditekan. Semua sudah kami persiapkan untuk menghadapi gelombang ketiga Covid-19, jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan hal tersebut," tutur dia.
"Yang terpenting masyarakat harus selalu melakukan prokes yang ketat, dan segera melakukan vaksinasi booster," jelasnya.(didik mashudi)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved