Berita Surabaya

Gelaran Piala Dunia U-20, FIFA akan Mengecek Venue Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

GBT dan Surabaya menjadi 1 di antara 6 Stadion dan Kota lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Samsul Arifin
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Tampak atas Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Federation International Football Association (FIFA) akan mengecek lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 untuk 2023 mendatang di Surabaya. Di antaranya di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

Untuk diketahui, GBT dan Surabaya menjadi 1 di antara 6 Stadion dan Kota lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. World Cup U-20 tahun 2021 ini diputuskan dalam FIFA Council Meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019) silam.

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya pun memastikan siap mendukung hal ini. Rencananya, pengecekan akan dimulai awal bulan depan.

"Insya Allah kalau tidak ada kendala, pengecekan akan dilakukan pada tanggal 9 maret mendatang," kata Kepala DKKORP Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya, Jumat (4/3/2022).

Ia menyebut sejumlah perbaikan stadion telah rampung dilakukan. Mengingat, sejatinya ajang Piala Dunia U-20 ini dilakukan tahun lalu. Namun, terpaksa mundur akibat pandemi Covid-19.

Pihaknya menyebut, pengecekan akan melingkup beberapa fasilitas penunjang stadion. "Sudah ada checklist yang harus dipenuhi," kata Wiwiek tanpa merinci.

Selain stadion utama tempat pertandingan, FIFA juga akan mengecek sejumlah lapangan pendukung. Sesuai persyaratan FIFA, harus ada lapangan pendukung, yang di antaranya akan digunakan sebagai tempat latihan  nantinya.

Baca juga: Pantang Remehkan Lawan, Persebaya Waspadai Kebangkitan Persita, Miliki Pelatih yang Cerdik

Sedangkan di Surabaya, ada dua yang disiapkan yakni Gelora 10 November Tambaksari (G10N) dan Lapangan Thor. "Pengecekan yang dilakukan lebih pada pengecekan fisik. Lokasinya ada di GBT, Lapangan Thor, dan Gelora 10 Nopember," kata dia.

Sedangkan untuk sisa-sisa pengerjaan di GBT, juga telah dilakukan pendataan. Di antaranya, perluasan area parkir hingga perbaikan sejumlah fasilitas pendukung,

Khususnya pada beberapa ruang lingkup pekerjaan yang harus dipastikan bahwa itu sudah di proses. Apabila dinyatakan siap, maka pertandingan bisa mulai digelar tahun depan.

"Untuk tanggal pelaksanaan ajang tersebut, kita belum ada kepastian. Tapi yang jelas di tahun 2023. Prinsipnya kami siap," pungkasnya.

Untuk diketahui, tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 Indonesia sudah menyiapkan enam stadion yang akan dipakai. Di antaranya, Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelorang Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menjelaskan masing-masing stadion telah mendapatkan renovasi minor maupun mayor dari Kementerian PUPR. Setelah diserahkan kepada daerah, nantinya akan kembali dikelola oleh Kementerian PUPR untuk melihat lagi persiapan Stadion.

Hal itu dilakukan lantaran Presiden Joko Widodo tak ingin ada hal yang kurang saat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 nanti. “Kita tak mau jadi tuan rumah kemudian ada hal sekecil apapun itu membuat negara malu. Itu pesan Pak Presiden, jadi tuan rumah baik dan timnas berprestasi,” katanya di Jakarta, Rabu (2/3/2022). 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved