Berita Bangkalan

Kakek Penjual Akik di Emperan Toko Curi Perhatian, Polwan Polres Bangkalan Lakukan Hal Tak Terduga

Pamor Keris Bangkalan terus menggalakkan patroli penegakan protokol kesehatan di sejumlah titik keramaian massa.

TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Bripka Vicky Hartinanda Muin memasangkan masker kepada seorang bapak penjual akik di emperan toko emas di kawasan pecinan, Jalan Panglima Sudirman, Kota Bangkalan, Selasa (22/3/2022) 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Di tengah upaya mendongkrak capaian angka vaksinasi, Satgas Penanganan Covid-19 Bangkalan melalui aparat gabungan Patroli Penegakan Protokol Kesehatan Masyarakat (Pamor Keris) terus menggalakkan patroli penegakan protokol kesehatan di sejumlah titik keramaian massa.

Seperti gelaran patroli-patroli sebelumnya, personel gabungan dari unsur Polres Bangkalan, Kodim 0829, dan Dinas Kesehatan Bangkalan, bertolak dari Polres Bangkalan, Selasa (22/3/2022).

Sasarannya patroli penegakan protokol kesehatan kali ini adalah masyarakat yang masih abai terhadap pentingnya pemakaian masker di tengah pandemi Covid-19.

Di balik kendaraan Pengurai Massa (Raisa), Bripka Vicky Hartinanda Muin melalui pengeras suara memberikan imbauan tentang pentingnya penegakan protokol kesehatan terutama pemakaian masker saat beraktifitas di luar rumah.

Namun imbauan Vicky mendadak tidak terdengar, suara merdunya lenyap seiring dengan menepinya armada Raisa di pinggir jalan di kawasan pecinan, Jalan Panglima Sudirman.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Dosis I Anak di Bangkalan Masih di Angka 21,93 Persen, Dipantau Langsung Wakapolri

Ia bergegas turun dan menghampiri seorang pria renta yang tengah duduk di emperan sebuah toko emas.

Dihubungi selepas gelaran Patroli Keris, polwan berparas cantik itu mengungkapkan betapa ia dibuat merinding hingga menyeret tubuhnya untuk menghampiri pria renta yang mengenakan kemeja warna biru dipadu dengan caping warna hitam.

“Beliau terdiam dengan tatapan kosong ke arah gerak langkah saya yang semakin mendekat, keriput di lesung pipinya seolah menggambarkan betapa berat beban yang beliau pikul,” ungkap Vicky dengan suara bergetar.

Tidak seperti para penjual akik lainnya yang masih berusia produktif, bapak berusia senja itu bahkan tidak mengerti bagaimana cara menggunakan masker.

Mungkin saja ia juga tidak mengerti apa itu pandemi Covid-19.

“Mungkin yang ia tahu hanya mengais rezeki yang halal. Hati dan tangan saya bergetar ketika memasangkan masker, beliau tetap dalam diamnya," kata dia.

"Namun tersirat pesan, kita harus tetap semangat mencari nafkah di tengah kondisi pandemi Covid-19. Tidak usah takut divaksin karena aman,” pungkas ibu dengan tiga anak itu.

Baca juga: Jual Minyak Goreng Murah, Pasar Murah di Pamekasan Sepi Peminat, Kepala Disperindag Ungkap Sebabnya

Tindakan responsif dan humanis yang dilakukan Vicky direspon Kapolres Bangkalan, AKBP Alith Alarino.

Ia menilai tindakan Vicky merupakan perwujudan dari kepedulian seorang anggota Polri kepada masyarakat tanpa memandang status sosial.

“Kami ini adalah abdi negara dan masyarakat, bertugas dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa pandang bulu. Termasuk layanan pemberian vaksinasi sebagai upaya melindungi masyarakat dari paparan Covid-19,” ungkap Alith.

hingga Senin (21/3/2022) malam, Dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan menyebutkan, capaian vaksinasi dosis pertama dengan sasaran masyarakat umum berada di angka 69,66 persen atau sejumlah 405.463 sasaran dari total target 582.055 sasaran.

Vaksinasi dosis kedua berada di angka 40,30 persen atau sejumlah 234.560 sasaran. Sedangkan vaksinasi lanjutan atau booster masih di angka 2,04 persen atau sejumlah 11.873 sasaran.

Vaksinasi kategori anak masih di angka 21,93 persen atau sejumlah 22.489 dari total target 102.545 sasaran. Sedangkan vaksinasi anak dosis kedua berada di angka 6,73 persen atau sejumlah 6.900 anak.

“Siapa pun tanpa melihat status sosial, silahkan datang ke gerai-gerai vaksinasi yang telah kami sediakan. Kami hadir memberikan pelayanan prima untuk keamanan, ketertiban, dan kondusifitas untuk seluruh masyarakat,” pungkas Alumnus Akpol 2002 kelahiran Surabaya itu. (edo/ahmad faisol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved