Ramadan 2022

Bukber Hingga Salat Tarawih Berjamaah Ramadhan 2022 Bakal Diperbolehkan Pemerintah, ini Rinciannya

Ibadah tersebut, kata Sandiaga, antara lain salat tarawih. Selain itu, pemerintah juga memperbolehkan kegiatan buka puasa bersama.

Editor: Aqwamit Torik
TRIBUNMADURA.COM/M RIFKY EDGAR
Jemaah salat Tarawih di Masjid Agung Malang, Senin (12/4/2021). 

TRIBUNMADURA.COM,  JAKARTA - Salat tarawih berjamaah hingga Buka puasa bersama (bukber) akan diperbolehkan oleh pemerintah.

Nantinya, pemerintah segera mengeluarkan pengumuman resmi terkait aturan tersebut selama Ramadhan 2022.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang menjelaskan, berdasarkan hasil rapat pemerintah, maka selama Ramadhan tahun ini masyarakat dapat melakukan ibadah secara bebas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ibadah tersebut, kata Sandiaga, antara lain salat tarawih.

Selain itu, pemerintah juga memperbolehkan kegiatan buka puasa bersama.

Detail aturan itu akan tertuang dalam surat edaran resmi yang akan dikeluarkan pemerintah.

Baca juga: Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadan, Simak juga Hukumnya Membayar Utang Puasa

“Jadi nanti akan ada surat edaran dan pengumumannya. Dan ini alhamdulillah, berarti (shalat) tarawih bisa kembali kita giatkan, juga kita giatkan kegiatan buka bersama dengan tentunya protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ujar Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (22/3/2022).

Sandiaga menyatakan, jumlah jemaah akan disesuaikan dengan level tingkat kepadatan di rumah ibadah

"Selengkapnya nanti akan segera ada surat edaran (dari Satuan Tugas COVID-19) yang diumumkan untuk merinci aturannya," ujar Sandiaga.

Sementara soal mudik Lebaran, ucap Sandiaga, pemerintah masih terus membahas soal ketentuannya. Namun, ia mengatakan, kemungkinan besar persyaratannya akan berupa sudah vaksinasi lengkap maupun booster.

"Kemungkinan tidak perlu PCR (hanya tes antigen untuk yang sudah vaksin dua dosis). Kemudian, yang sudah (divaksin) booster tidak perlu tes (COVID-19)," ucap Sandiaga.

"Jika selama Ramadan, mudik, dan Lebaran (aturan dapat diterapkan dengan) sukses, kita bisa bergerak lagi," imbuh Sandiaga. 

Ia melanjutkan bahwa pemerintah sekarang sedang menyusun transisi tatanan ekonomi baru pascapandemi menuju era endemi.

Berdasarkan ketentuan tersebut, pemerintah berencana memperluas kegiatan ekonomi di masyarakat setidaknya sejak kuartal ke-3 tahun 2022. "Persiapan endemi yang mulai direalisasikan Juni 2022," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pemerintah Segera Umumkan Diperbolehkannya Tarawih dan Buka Puasa Bersama Selama Ramadan

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved