Inilah Syarat Perjalanan Mudik Lebaran 2022, Berlaku untuk Penerima Vaksin Dosis 1 hingga Booster

Pemerintah memberikan kabar bahagia bahwa masyarakat diperbolehkan mudik menyambut  Hari Raya Idul Fitri.

TRIBUNMADURA.COM/SYAMSUL ARIFIN
Suasana penyekatan larangan mudik Idul Fitri 2021 di Bundaran Waru, masuk Kota Surabaya, Senin (17/5/2021) 

TRIBUNMADURA.COM - Mudik menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Mudik menjadi cara bagi masyarakat Indonesia berkumpul bersama keluarga besar untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Namun, sejak pandemi Covid-19, sebagian orang tidak bisa berkumpul bersama merayakan Hari Raya Idul Fitri karena adanya larangan mudik lebaran.

Tahun ini, Pemerintah memberikan kabar bahagia bahwa masyarakat diperbolehkan mudik menyambut  Hari Raya Idul Fitri.

Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi yang memperbolehkan masyarakat untuk mudik pada Lebaran Idul Fitri 2022, Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan sejumlah aturan untuk pelaku perjalanan dalam negeri.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto mengatakan bagi masyarakat yang akan mudik dan sudah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis ketiga alias booster maka tidak perlu testing atau melampirkan hasil tes Covid-19.

Kemudian, untuk masyarakat yang baru mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib melampirkan hasil tes Covid-19 antigen 1X24 jam atau PCR 3X24 jam.

"Sementara itu untuk masyarakat yang baru dosis pertama, syaratnya adalah wajib menunjukkan (hasil) PCR 3 X 24 jam," kata Suharyanto dalam konferensi pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, (31/3/2022).

Sementara itu bagi masyarakat dengan kondisi kesehatan khusus wajib melampirkan hasil tes PCR yang berlaku 3X24 jam serta melampirkan surat keterangan dari dokter umum atau dokter dari rumah sakit pemerintah setempat.

Kemudian untuk anak di bawah usia 6 tahun tidak perlu melampirkan hasil tes Covid-19, namun harus didampingi pendamping perjalanan yang memenuhi syarat perjalanan.

"Artinya pendampingnya sudah vaksin dosis ketiga, untuk syarat tidak testing," tuturnya.

Sementara itu untuk anak usia 6 sampai 17 tahun yang akan mudik tidak perlu melampirkan hasil tes Covid-19, namun harus menunjukkan keterangan telah vaksinasi dosis kedua.

"Ketentuan ini bukan untuk membatasi para pemudik tapi mudah-mudahan mudik yang dilaksanakan ini bisa berjalan dengan tetap aman, lancar dan tidak terjadi penularan yang signifikan," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Syarat Perjalanan Mudik Lebaran: Tidak Perlu Tes Covid-19 bagi yang Sudah Booster

Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved