Pilres 2024

Elektabilitas Prabowo Subianto di Puncak, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Menyusul, Tokoh Lainnya?

Menurutnya, meski Prabowo lebih unggul, namun trennya menurun daripada calon pemimpin lainnya. Lalu nasib tokoh lainnya?

Editor: Aqwamit Torik
Kolase TribunMadura.com (Sumber: Tribunnews)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Siapa yang lebih diunggulkan di Pilpres 2024? 

TRIBUNMADURA.COM - Menjelang Pilpres 2024 yang masih sekitar 2 tahun lagi, elektabilitas Prabowo Subianto kini masih unggul dibanding nama calon presiden lainnya.

Hal ini berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia yang memperlihatkan dominasi para calon Presiden dalam simulasi semi terbuka.

Pada urutan selanjutnya terdapat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Lalu disusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengungkapkan tiga nama teratas yang memiliki elektabilitas tinggi berdasarkan data Survei Indikator Politik.

Baca juga: Gerindra Deklarasikan Prabowo Subianto Sebagai Capres 2024, Kapan Kepastiannya?


“Tiga nama ini yang paling atas, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. Kemudian, ada AHY dan Ridwan Kamil yang selisihnya kecil,” katanya, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube Kompas TV, Senin (4/4/2022).

Menurutnya, meski Prabowo lebih unggul, namun trennya menurun daripada calon pemimpin lainnya.

“Kalau kita lihat data tren, pak Prabowo trennya sedikit turun, kalau Pak Ganjar dan Anies trennya sedikit naik,” imbuhnya.


Diketahui, Lembaga Indikator Politik Indonesia menyampaikan hasil rilis terbaru mengenai dinamika elektoral menjelang Pemilihan Presiden 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik menyebut, tidak ada calon presiden yang memiliki elektabilitas dominan dalam simulasi 33 nama semi terbuka.

Selanjutnya, dalam simulasi 19 nama, Burhanuddin mengungkapkan elektabilitas Ganjar semakin berbeda tipis dengan Prabowo.

Prabowo Subianto tetap di menempati urutas pertama, yakni 22,4 persen, disusul Ganjar Pranowo sebanyak 21,6 persen.

Anies Baswedan pun tetap di posisi ketiga, yaitu 17,1 persen.

Survei tersebut, mengerucutkan pada simulasi 7 nama, sebagaimana yang diberitakan Tribunnews.com sebelumnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved