Ramadan 2022

Bank Indonesia Jatim Siapkan Pelayanan Penukaran Uang Drive Thru, selama Ramadan dan Lebaran

Khusus untuk layanan penukaran uang baru, BI Jatim menambah cara drive thru untuk penukaran diakhir pekan

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Samsul Arifin
ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Kick off layanan penukaran uang baru drive thru yang digelar BI Jatim sebagai salah satu bentuk layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Ramadan dan Idul Fitri 2022 ini. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur (BI Jatim) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12 triliun untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 ini.

Khusus untuk layanan penukaran uang baru, BI Jatim menambah cara drive thru untuk penukaran diakhir pekan.

Kepala BI Jatim, Budi Hananto, mengatakan, kebutuhan uang tunai setiap Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri selalu mengalami peningkatan.

"Termasuk tahun ini yang secara nasional telah diprediksi akan mengalami kenaikan sekitar 13,4 persen dibanding realisasi tahun lalu," kata Budi Hananto, saat kick off layanan penukaran uang baru melalui cara drive thru di kantor BI Jatim, Sabtu (9/4/2022).

Sejak Maret atau sebelum Ramadan, BI telah melakukan tiga langkah untuk antisipasi peningkatan uang tunai tersebut.

Pertama, distribusi uang tunai dari pusat. Kedua, program edukasi Cinta Bangga Rupiah yang terus dilakukan dengan tema layanan khusus untuk Ramadan dan Idulfitri, Serambi Rupiah Ramadan, Belanja Bijak, dan Rawat Rupiah. 

“Tentunya dalam melakukan hal tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan, termasuk akan digunakan layanan kas digital dengan mengoptimalkan apps dalam penukaran uang kas keliling ritel terjadwal,” jelas Budi. 

Baca juga: Jasa Raharja Buka Program Mudik Gratis Siapkan 100 Armada Bus, Minat?, Simak Cara Pendaftarannya

Ketiga, program kerja tahunan dan tahun ini oleh BI yaitu ekspedisi rupiah berdaulat di daerah 3T, yaitu terdepan, terluar, dan terpencil.

Untuk memfasilitasi penukaran uang rupiah baru tersebut, BI Jatim bekerjasama dengan 31 perbankan di Surabaya berinovasi untuk memberikan pelayanan penukaran uang rupiah yang mudah dan nyaman kepada masyarakat Surabaya melalui mekanisme drive thru.

"Layanan yang baru pertama kali diterapkan di Surabaya ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan uang tunai masyarakat Surabaya," ujar Budi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved