Berita Sampang

Berapa Kuota Haji untuk Sampang Tahun 2022? Kemenag Sampang Berikan Penjelasan, ada Prioritas

S Kemenag Sampang Belum Ketahui Kuota Untuk Sampang ebanyak 442 CJH di Kabupaten Sampang sudah masuk daftar tunggu untuk berangkat ke tanah suci Mekah

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Aqwamit Torik
Depositphotos
Ilustrasi kabah dipenuhi jemaah haji dan umrah 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama


TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan menerima satu juta jemaah haji di tahun 2022 setelah dua tahun tidak memberangkatkan jemaah ke Mekah akibat Pandemi Covid-19.


Hal itu bakal menjadi angin segar bagi Calon Jemaah Haji (CJH) di Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang.


Sebab, sebanyak 442 CJH di Kabupaten Sampang sudah masuk daftar tunggu untuk berangkat ke tanah suci Mekah sejak 2020 lalu.


Akan tetapi, Kemenag Sampang tidak bisa memastikan berapa kuota CJH yang akan dipanggil untuk berangkat ke tanah suci Makkah.


Penyebabnya karena satu juta kouta yang diumumkan oleh pemerintah Arab Saudi itu bukan hanya untuk Republik Indonesia (RI), tetapi untuk seluruh dunia.


Kemudian jumlah kuota keseluruhan itu dinilai sangat minim jika mengacu pada tahun-tahun sebelumnya, tepatnya diwaktu normal, karena kouta bisa mencapai 3 juta CJH.


"Sedangkan hingga saat ini tidak bisa dipastikan berapa kuota untuk Kabupaten Sampang," kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sampang, Fathorrahman, Jumat (15/4/2022).


Sementara, bila nantinya terdapat kuota penyelenggaraan haji di tahun 2022 untuk Kabupaten Sampang.


Tentunya yang menjadi perioritas adalah CJH yang sudah melunasi pembiayaan dan gagal berangkat ke Makkah pada 2020 lalu.


"Untuk realisasi lebih jelasnya menunggu surat resmi dari Kanwil Kemenag Jatim atau dari pusat terkait jatah haji untuk Indonesia," tuturnya.


"Sementara untuk jamaah di Sampang yang sudah melunasi mulai sejak 2020 ada 442 orang," imbuhnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved