Berita Bangkalan

Kasus Ledakan Mercon di Bangkalan, Pembuat Mercon Masih Bungkam Soal Pemasok 100 Kg Bahan Peledak

Polisi menetapkan pria berinisial MM (28) sebagai tersangka kasus pembuat mercon di Bangkalan.

TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Bangkit Dananjaya 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALANPolres Bangkalan menetapkan pria berinisial MM (28) sebagai tersangka kasus pembuat mercon.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 24 ribu biji mercon jenis sreng dor dan 1 kwintal bahan peledak.

Penangkapan tersangka dan penyitaan barang bukti itu dilakukan saat Satreskrim Polres Bangkalan menggerebek rumah MM di Desa Langkap Kecamatan Burneh, Jumat (15/4/2022).

Di hadapan penyidik, MM yang baru tiga tahun memproduksi dan menjual mercon itu mengaku, belajar meracik mercon dari YouTube.

“Hingga sejauh ini, sementara pelaku keterangannya masih tertutup untuk membeberkan siapa saja pemasok (bahan peledak) nya,” ungkap Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Bangkit Dananjaya, Senin (18/4/2022).

Asap berwarna putih muncul setelah ledakan pertama disusul kepulan asap berwarna gelap setelah ledakan kedua dalam kegiatan disposal atau pemusnahan barang bukti 1 kwintal bahan peledak dan 24 ribu mercon oleh Polres Bangkalan di Lapangan Tembak Kodim 0829, Kelurahan Bancaran, Sabtu (16/4/2022)
Asap berwarna putih muncul setelah ledakan pertama disusul kepulan asap berwarna gelap setelah ledakan kedua dalam kegiatan disposal atau pemusnahan barang bukti 1 kwintal bahan peledak dan 24 ribu mercon oleh Polres Bangkalan di Lapangan Tembak Kodim 0829, Kelurahan Bancaran, Sabtu (16/4/2022) (TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL)

Saat penggerebakan, 1 Kwintal bahan peledak itu terbungkus menjadi beberapa karung.

Sedangkan 24 ribu biji mercon beberapa di antaranya telah diikat, terbungkus rapi, dan sudah siap dijual.

“Mercon-mercon dijual ke tetangga-tetangga, lokalan saja. Kami tetap akan memburu siapa pemasok bahan peledaknya,” pungkas Bangkit.

Sementara itu, kegiatan disposal atau pemusnahan barang bukti mercon dan bahan peledak di Lapangan Tembak Kodim 0829 pada Sabtu (16/4/202) berujung insiden.

Pemusnahan mercon dan bahan peledak itu menyebabkan puluhan bangunan rumah warga setempat rusak akibat besarnya ledakan.

(edo/ahmad faisol)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved