Berita Bangkalan

Warga Bangkalan Sudah Bisa Berangkat Haji Tahun ini, Kemenag Tinggal Tunggu Hal Penting ini

RPH jemaah haji Indonesia tahun 2022 sudah diterima Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Aqwamit Torik
AFP/HO/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Umat Muslim mengitari Ka'bah saat melakukan tawaf ibadah haji dengan penerapan protokol kesehatan di Masjidil Haram, Kota Mekah, Arab Saudi, Minggu (2/8/2020). Pelaksanaan haji yang istimewa tahun ini di tengah pandemi Covid-19 hanya diikuti sekitar 1.000 jemaah, dengan protokol kesehatan yang ketat. 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Di tengah belum penantian terkait data dan jumlah kuota pemberangkatan haji tahun ini, namun Rencana Perjalanan Haji (RPH) jemaah haji Indonesia tahun 2022 sudah diterima Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan.  

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Bangkalan, Wafir mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya termasuk Kantor Kemenag Provinsi Jawa Timur masih menunggu jumlah kuota dari Kementerian Agama.

“RPH sudah ada. Jemaah haji dari Indonesia tahun ini pemberangkatan kloter awal itu tanggal 4 Juni. Jadwal keberangkatan, wukuf, tasyrik sudah keluar meskipun kepastian kuota masih belum keluar,” ungkap Wafir kepada Surya.

Seperti diketahui, Kerajaan Arab Saudi kembali mengizinkan penyelenggaraan ibadah haji setelah terjadi pembatasan selama dua tahun, sejak tahun 2020 karena pandemi Covid-19.

Hal itu dipastikan melalui Surat Menteri Agama di awal bulan ini.  

“Namun berdasarkan asumsi kuota 40 persen dari jumlah jemaah haji Indonesia di tahun 2019, yakni sejumlah sekitar 2.480.000. Sedangkan kuota Jemaah haji Provinsi Jawa Timur tahun 2019 sejumlah 35 ribu,” jelasnya.  

Wafir menambahkan, Kementerian Agama bersama Komisi VIII DPR RI telah menyepakati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2022 sebesar Rp 39.886.009 per Jemaah. Hal itu disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu (13/4/2022).

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunMadura.com

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved