Berita Jember

Inilah 4 Oleh-oleh Khas ini tak Boleh Terlewatkan bila Berlibur ke Jember, Ada Tape Singkong

Warga yang mudik ke Jember pun, maupun yang melewati Jember, sebaiknya tidak melupakan oleh-oleh khas Jember ini

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Sri Wahyunik
Tape singkong yang terbungkus dalam kardus banyak diburu wisatawan, maupun warga yang berkunjung ke Jember. 

TRIBUNMADURA.COM, JEMBER - Tape singkong, kedelai edamame, suwar-suwir, dan prol tape, bisa dibilang menjadi makanan ikon Kabupaten Jember. Panganan ini pula yang banyak diburu oleh wisatawan, maupun warga yang berkunjung ke Jember.

Warga yang mudik ke Jember pun, maupun yang melewati Jember, sebaiknya tidak melupakan oleh-oleh khas Jember ini. Meskipun tentu saja, masih banyak yang bisa menjadi buah tangan dari Kabupaten Jember.

Namun menurut sejumlah petugas toko oleh-oleh di Jember, empat makanan di atas yang paling banyak diburu oleh warga yang datang ke Jember, termasuk di momen Hari Raya Idul Fitri.

"Yang paling banyak diburu masih tape singkong, prol tape, suwar-suwir, dan edamame. Itu yang paling laris saat Lebaran," ujar Tika, seorang pegawai toko oleh-oleh di Jl Gajah Mada Jember.

Baca juga: Libur Lebaran 2022, Masuk 4 Tempat Wisata di Jember ini Gratis, Pengunjung Tak Perlu Bayar Tiket

Kumpulan Berita Lainnya seputar Jember

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

Makanan di atas merupakan makanan yang mencirikan Jember. Tape singkong banyak diburu wisatawan maupun warga, karena tape singkong Jember memiliki cita rasa manis yang khas. Tape singkong ini kemudian ada yang diolah menjadi camilan, seperti suwar-suwir dan prol tape.

Tidak aneh, kemudian Jember juga disebut sebagai Kota Suwar-Suwir. Suwar-suwir, makanan berupa dodol berbahan utama tape singkong.

Sedangkan kedelai edamame, merupakan kedelai yang ditanam dan diproduksi oleh PT Mitra Tani Dua Tujuh, yang berkantor di Jember.

Dan selama liburan Lebaran tahun ini, sejumlah toko oleh-oleh di Jember siap menyediakan aneka makanan dan camilan khas Jember tersebut.

Jl Gajah Mada Jember, merupakan surganya oleh-oleh di Jember. Di jalan tersebut, sejumlah toko oleh-oleh berjajar.

Ada belasan toko oleh-oleh di jalan poros di Kabupaten Jember tersebut. "Kami tidak libur selama libur Lebaran ini, buka terus," ujar Tika.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hardi, kasir sebuah toko oleh-oleh di Jl Gajah Mada. "Libur hanya waktu Salat Idul Fitri, setelah itu masuk, dan toko buka. Karena memang melayani warga yang mudik, maupun pendatang," ujarnya.

Selain di Jl Gajah Mada, juga sejumlah toko oleh-oleh bisa ditemukan di Jl Trunojoyo Jember. Bagi anda wisatawan, maupun pemudik yang melintasi Jember, bisa mencari di peta digital sejumlah toko oleh-oleh di Jember.

Rata-rata mereka berada di kawasan pusat kota, dan di tepi jalan raya, sehingga memudahkan anda untuk berbelanja oleh-oleh khas Jember.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved