Berita Surabaya

Apa Itu Penyakit Hepatitis? Kenali Penularannya dan Cara Mencegahnya, Simak Penjelasan Dokter

Hepatitis karena virus terbanyak disebabkan ada Hepatitis A, B, C, D dan E dan ini semuanya menular, Cara penularannya berbeda beda

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Samsul Arifin
knoe.com
Ilustrasi 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Dr Leny Kartina, SpA(K), Spesialis Anak RSIA Kendangsari Merr, sekaligus Staf Divisi Infeksi Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUD Dr Soetomo, memaparkan, Hepatitis adalah suatu peradangan pada hati atau liver yang penyebabnya banyak hal.

"Bisa karena infeksi, autoimun, keracunan atau hiperreaktif karena kondisi penyakit dasar lainnya misalnya infeksi berat.Sebagian besar penyebab hepatitis adalah karena infeksi virus," ujarnya, Jumat (6/5/2022).

Lebih lanjut ia menerangkan, Hepatitis karena virus terbanyak disebabkan ada Hepatitis A, B, C, D dan E dan ini semuanya menular. Cara penularannya berbeda beda. 

"Kalau Hepatitis A dan E penularannya lewat fekal oral atau makanan dan alat makan yang terkontaminasi dari feses atau cairan tubuh orang yang sakit hepatitis A dan E," paparnya.

"Kalau Hepatitis B C dan D itu biasanya penularan lewat parenteral atau cairan tubuh penderita seperti darah, urine, dan cairan kelamin," imbuhnya.

Disinggung soal kasus hepatitis akut yang sekarang sedang diwaspadai dan meningkat di beberapa negara, kata dia, penyebabnya bukan karena virus hepatitis A, B, C, D maupun E. Kejadian terbanyak pada anak usia kurang dari 16 tahun. 

Baca juga: Hepatitis Akut, di Jatim Ditemukan 114 Kasus Suspect, Dinkes Jatim : Cegah dengan Pola Hidup Sehat

Kumpulan Berita Lainnya seputar Surabaya

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

"Jadi belum diketahui dengan pasti penyebabnya dan masih dalam pengamatan oleh para ahli.  Namun untuk meningkatkan kewaspadaan gejala yang harus diwaspadai adalah gejala hepatitis secara garis besar, yang terjadinya mendadak atau akut, kemudian disertai gejala kuning pada mata dan kulit," terangnya.

Karena liver berpengaruh terhadap warna air kencing dan feses,  Dr Leny berpendapat, maka saat terjadi peradangan pada hati, air kencing akan berwarna gelap seperti teh dan feses akan berwarna pucat seperti dempul.

Selain itu ada gejala lain yang khas yaitu muntah, mual, sakit perut, kadang disertai demam dan  badannya lemas serta nyeri tulang. 

"Hepatitis bisa kena anak sampai dewasa, penyebabnya juga sama. Kalau Hepatitis B sendiri pada anak anak atau bayi biasanya sebagian besar ditularkan dari ibunya sejak di kandungan," ungkapnya. 

"Oleh karena itu semua bayi yang lahir langsung mendapatkan proteksi imunisasi hepatitis b karena resiko penularan terbesar dari ibunya. Jadi anak maupun dewasa mempunyai resiko penularan yang hampir sama," sambungnya.

Kalau Hepatitis C dan D, lanjut Dr Leny, penularan dari cairan tubuh atau pasangan yang sakit, dan bisa karena penggunaan jarum yang tidak steril.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved