Berita Pamekasan

Menengok Tradisi Per-Peran Masyarakat Pesisir Pamekasan-Sampang, Dijaga Ratusan Personel Gabungan

Pengaturan arus lalu lintas ini dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pengguna jalan yang melintas jalan sering macet ini

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Personel gabungan saat mengamankan arus lalu lintas sewaktu gelaran tradisi Per-Peran di perbatasan wilayah antara Kabupaten Pamekasan - Kabupaten Sampang, tepatnya di Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Selasa (10/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Polres Pamekasan, Madura bersama beberapa instansi mengatur arus lalu lintas di perbatasan wilayah antara Kabupaten Pamekasan - Kabupaten Sampang, tepatnya di Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Selasa (10/5/2022).

Pengaturan arus lalu lintas ini dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada pengguna jalan yang melintas di jalan yang terkenal sering macet tersebut.

Selain itu, pengamanan arus lalu lintas ini dilakukan, dikarenakan setiap tahun, tepatnya delapan hari setelah hari raya Idul Fitri 1443 H masyarakat setempat menggelar tradisi 'Per-Peran'.

Tradisi 'Per-Peran' ini biasanya dilakukan oleh masyarakat pesisir di Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan dan Desa Tanjung, Kecamatan Camplong, Sampang.

Kapolres Pamekasan, AKBP Rogib Triyanto menjelaskan, Per-Peran merupakan tradisi masyarakat Pamekasan di pesisir Desa Bandaran dan Desa.

Baca juga: Polres Pamekasan Gelar Patroli KRYD Selama 7 Hari, Pengendara yang Tak Pakai Masker Jadi Sasaran

Kumpulan Berita Lainnya seputar Pamekasan

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

Tradisi Per-Peran ini, biasanya masyarakat naik andong dan becak keliling desa sehari setelah Lebaran dan pada Lebaran Ketupat atau tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Tradisi tersebut digelar di jalan utama antara Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sampang.

"Pengamanan tradisi Per-Peran ini tidak hanya dari Polres Pamekasan namun juga dari Polres Sampang karena yang melaksanakan giat tersebut masyarakat Desa Bandaran, Pamekasan dan Desa Tanjung, Sampang," kata AKBP Rogib Triyanto kepada TribunMadura.com.

Menurut AKBP Rogib, dalam pengamanan giat Per-Peran ini, Polres Pamekasan menerjunkan 122 personel gabungan

Pengamanan difokuskan dari sisi timur, yakni di wilayah Kabupaten Pamekasan.


Sedangkan Polres Sampang dari sisi barat, yakni di Kabupaten Sampang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved