Berita Sumenep

Menparekraf Sandiaga Uno Bangun Kolaborasi Dengan UNIBA Madura, Demi Cetak SDM Unggul

Mas Sandiaga Uno menyampaikan, bahwa hal itu dilakukan dalam upaya mencetak sumber daya manusia (SDM) pariwisata unggul, berkualitas dan berdaya saing

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Ali Hafidz Syahbana
Menparekraf RI Sandiaga Uno saat menjalin MoU tingkatkan SDM pariwisata unggul di UNIBA Madura, Selasa (24/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baprekraf) menjalin kolaborasi dengan Universitas Bahaudin Mudhary (UNIBA) Madura.

Kolaborasi itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Rektor UNIBA Madura Prof. Dr. H. Rachmad Hidayat pada Selasa (24/5/2022).

Sandiaga Uno menyampaikan, bahwa hal itu dilakukan dalam upaya mencetak sumber daya manusia (SDM) pariwisata unggul, berkualitas dan berdaya saing.

Sebab, SDM merupakan salah satu unsur penting dalam industri pariwisata melihat kekayaan alam yang melimpah harus dikelola dengan baik dengan melakukan inovasi-inovasi untuk menjawab tantangan zaman.

Maka lanjut Sandiaga Uno, bukan hanya menjadi SDM yang siap terjun ke dunia kerja, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja selus-luasnya.

"Hari ini kita menandatangani MoU antara UNIBA Madura dengan Kemenparekraf dalam rangka pengembangan SDM pariwisata. Seperti kita ketahui Sumenep dan Kepulauan Madura memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang luar biasa. Oleh karena itu, kita perlu persiapkan SDM-nya," kata Menparekraf, di saat berkunjung di UNIBA Madura, Kabupaten Sumenep.

Dijelaskan, bahwa ruang lingkup kerja sama Kemenparekraf dan UNIBA Madura mencakup pertukaran data atau informasi; pembinaan, konsultasi dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat terkait pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif; peningkatan kapasitas SDM.

Selain itu, koordinasi dalam penyusunan kebijakan teknis di bidang parekraf; dan kerja sama atau kegiatan lain sesuai dengan tugas dan fungsi masing masing-masing pihak.

Mas Sandiaga Uno ini berharap, bahwa  langkah baik ini akan menjadi awal kebangkitan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Sumenep dan juga Pulau Madura secara keseluruhan.

Alasan lain, terpilihnya UNIBA Madura sebagai mitra strategis Kemenparekraf dalam pengembangan SDM parekraf, lantaran memiliki etos kerja yang serupa dengan Kemenparekraf.

Ia menyebutkan, pertama "gercep" gerak cepat, dikatakan Menparekraf pihak UNIBA Madura yang lebih dahulu mengajukan penawaran kerja sama.

Kedua, "geber" gerak bersama dalam mengembangkan potensi wisata bahari, wisata kebugaran dan wisata budaya yang ada di Madura.

Ketiga "gaspol" garap semua potensi, termasuk potensi untuk masuk ke dalam ekosistem digital.

"Tentu ini yang menjadikan UNIBA Madura terpilih untuk menggalangkan kerja sama. Mudah-mudahan Sumenep akan menjadi tujuan wisata unggulan," harapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved