Berita Pamekasan

Diskominfo Pamekasan Raih Juara II di Bidang Inovasi dan Teknologi, Cetuskan Teknologi FO-GPON

Diskominfo Pamekasan Raih Juara II di Bidang Inovasi dan Teknologi, Cetuskan Teknologi FO-GPON dan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana TIK

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Perwakilan pegawai Diskominfo Pamekasan saat paparan inovasi teknologi FO-GPON dihadapan panitia lomba Inovasi dan Teknologi Award Kabupaten Pamekasan Tahun 2022. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pamekasan, Madura meraih juara II di bidang inovasi dan teknologi FO-GPON (Fiber Optic-Gigabit Capable Passive Optical Network).


Juara itu merupakan award yang diberikan Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam melalui surat keputusan (SK) Bupati Pamekasan nomor 188/259/432.013/2002 tanggal 13 Mei 2022 tentang penetapan Pemenang Inovasi dan Teknologi Award Kabupaten Pamekasan Tahun 2022


Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Pamekasan, Arief Rachmansyah menyampaikan, pihaknya memilih bidang inovasi dan teknologi karena pengembangan pemanfaatan teknologi FO-GPON akan dimaksimalkan untuk mensinergikan semua OPD dan Kecamatan melalui komunikasi data  yang cepat, akurat, real time dan aman.


Alasan dia, digagasnya teknologi FO-GPON ini untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan. 


"BRATA (Brankas Data) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pamekasan melalui teknologi FO-GPON dengan fasilitas identifikasi Mac Address hadir untuk menjawab tantangan Pemerintahan yang berkemajuan," kata Arief Rachmansyah, Senin (6/6/2022).


Menurut dia, tujuannya digagasnya teknologi FO-GPON ini untuk memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur layanan jaringan intranet, baik untuk pertukaran data, video conference, Digital Video Broadcasting (DVB) dan lainnya.


Lain dari itu, untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana TIK yang ada.


Keinginan dia, nantinya akan terbangun sentralisasi data dan fasilitas komunikasi data secara virtual yang dapat diakses dan mudah, cepat dan aman.


"Kami berkomitmen untuk memiliki Brankas Data (BRATA) yang andal dan aman," tegasnya.


Pendapat Kabid yang akrab disapa Arief ini, hadirnya teknologi FO-GPON, manfaat komunikasi antar pemangku jabatan tidak lagi hanya bergantung pada jaringan internet.


Melainkan lebih mengandalkan jaringan intranet.


Selain itu, pertukaran data antar pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Pamekasan juga mengandalkan intranet dan data disimpan pada server yang berada di Dinas Komunikasi dan Informatika, sehingga meminimalisir kehilangan data.


Nantinya, hanya user terdaftar yang bisa memakai jaringan intranet/internet di semua OPD, sehingga bisa meminimalisir penyalahgunaan penggunaan jaringan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved