Breaking News:

Berita Surabaya

Patung Bung Karno akan Berdiri di Surabaya, Wali Kota Cak Eri Bikin Sayembara Desain Bertemakan Ini

Menurutnya, patung ini akan menjadi tanda bahwa Surabaya sebagai tempat kelahiran Tokoh Proklamator Kemerdekaan Indonesia ini

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Bobby Koloway
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wawali Surabaya Armuji, mantan Wali Kota Surabaya Bambang DH dan Whisnu Sakti Buana, mantan Wali Kota Blitar Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, dan sejarawan Unesa Rojil Nugroho Bayuaji saat temu jurnalis di Surabaya, Senin (6/6/2022). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya rencananya akan membangun patung Presiden RI Pertama Ir Soekarno. Dengan melibatkan masyarakat, Pemkot juga menggelar sayembara desain patung berhadiah ratusan juta rupiah.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan tujuan program ini. Menurutnya, patung ini akan menjadi tanda bahwa Surabaya sebagai tempat kelahiran Tokoh Proklamator Kemerdekaan Indonesia ini.

Ini akan sekaligus meluruskan sejarah yang menyebut Bung Karno lahir di Blitar. "Kami menilik catatan sejarah, bahwa beliau (Bung Karno) beberapa kali mengatakan lahir di Surabaya. Artinya, api dan semangat beliau telah mendarah daging di Surabaya," kata Mas Eri di acara launching sayembara ini, Senin (6/6/2022).

Turut hadir dalam jumpa pers, Wawali Surabaya Armuji, mantan Wali Kota Surabaya Bambang DH dan Whisnu Sakti Buana, mantan Wali Kota Blitar Djarot Saiful Hidayat, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, dan sejarawan Unesa Rojil Nugroho Bayuaji.

Dengan diakui sebagai Kota kelahiran Bung Karno, menurut Mas Eri, masyarakat Surabaya bangga. Hal ini pun telah dibuktikan dengan semangat Arek-Arek Surabaya melawan penjajah hingga disebut sebagai Kota Pahlawan.

Baca juga: Inilah Lokasi Sekolah Bung Karno Muda Mengenyam Pendidikan di Kota Surabaya, Kini jadi Kantor Pos

Kumpulan Berita Lainnya seputar Surabaya

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

"Patung ini dibuat sekaligus untuk meluruskan sejarah dan menunjukkan bahwa semangat Bung Karno tak pernah padam. Arek-arek Surabaya begitu bangga mewarisi ideologi gotong royong dan kerakyatan yang diajarkan beliau," kata pria asli Surabaya ini.

Rencananya, patung ini akan berdiri di Jalan Doktor Insinyur Haji Soekarno, penghubung antara daerah Kenjeran, Surabaya dengan Tambak Sumur, Sidoarjo. "Dengan melihat patung beliau, kami akan selalu ingat api semangat perjuangannya," katanya.

Bertema "Warisi Apinya, Jangan Abunya", sayembara ini bisa diikuti seluruh warga Indonesia (perorangan maupun tim). Desain patung merupakan karya orisinal, bukan plagiat, dan tidak terikat hak cipta (disertai pernyataan bermaterai).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved