Berita Malang

Uang Renovasi Masjid Dicuri Maling, Rekaman CCTV Ungkap Aksi Pelaku Sebelum Subuh, Simak Kronologi

Pihak takmir langsung mencari kotak amal tersebut ke sekeliling masjid. Ternyata, kotak amal yang terbuat dari kayu itu ditemukan berada di lantai dua

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Luhur Pambudi
Wakil Ketua Takmir Masjid As Salam, Ibnu Sasongko saat menunjukkan dua kotak amal yang dibobol oleh pelaku. 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Maling kotak amal di wilayah Kota Malang beraksi. Dalam aksinya tersebut, pelaku membobol dua kotak amal milik Masjid As Salam, yang terletak di Jalan Bendungan Riam Kanan, Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Wakil Ketua Takmir Masjid As Salam, Ibnu Sasongko (62) mengatakan, kejadian itu baru diketahui pada Kamis (16/6/2022) pagi, saat akan melaksanakan salat subuh.

"Saat itu, takmir bersama warga sekitar akan melaksanakan salat subuh. Saat masuk ke dalam masjid, ternyata dua kotak amal yang digunakan untuk mengumpulkan dana renovasi dan dana operasional masjid sudah tidak ada," ujarnya saat ditemui TribunJatim.com, Minggu (19/6/2022).

Setelah itu, pihak takmir langsung mencari kotak amal tersebut ke sekeliling masjid.

Ternyata, kotak amal yang terbuat dari kayu itu ditemukan berada di lantai dua.

"Saat ditemukan, kondisinya sudah dalam posisi terbalik. Dan pada bagian bawah kotak, mur-mur sudah hilang dan telah dicongkel. Saat dilihat lebih seksama, ternyata isi kedua kotak amal tersebut sudah tidak ada," terangnya.

Dari situlah, pihak takmir bersama warga langsung melihat rekaman kamera CCTV. Ternyata benar, kedua kotak amal itu telah dibobol oleh maling.

"Dari rekaman kamera CCTV, terlihat pelaku berjalan masuk ke dalam area masjid pada Kamis (16/6/2022) sekitar pukul 02.45 WIB. Pelakunya satu orang, laki-laki berusia sekitar 30-35 tahun, memakai jaket warna hitam dan bercelana panjang, serta tidak memakai penutup wajah. Sepertinya, pelaku tidak tahu kalau ada kamera CCTV," bebernya.

Sebagai informasi, pelaku dapat dengan mudah masuk ke dalam area masjid. Pasalnya, pintu gerbang masjid dalam kondisi tertutup tetapi tidak dikunci.

Dari rekaman kamera CCTV, pelaku sempat melihat ke sekitar masjid. Untuk memastikan kondisi di sekeliling dalam kondisi aman.

"Setelah dirasa aman, pelaku langsung mengangkat kotak amal tersebut secara bergantian ke lantai dua masjid. Di lantai dua itulah, pelaku membobol dan merusak kotak amal tersebut," jelasnya.

Ibnu mengaku, tidak tahu berapa jumlah uang yang ada di dalam dua kotak amal tersebut. Pasalnya, kotak amal itu baru dibuka saat bersamaan dengan kegiatan salat jumat.

"Kalau jumlah pasti uangnya, saya kurang tahu. Karena kotak amal itu dibukanya seminggu sekali, bersamaan dengan salat jumat," ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, belum melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian.

"Saat ini, kami masih koordinasi. Rencananya, dalam waktu dekat ini akan dilaporkan ke pihak kepolisian sambil menyerahkan bukti rekaman kamera CCTV," tambahnya.

Lalu, untuk mencegah agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Pihak takmir Masjid As Salam akan melakukan beberapa langkah antisipasi.

"Saat ini, dua kotak amal tersebut telah diperbaiki dan telah dirantai. Rencananya, kami akan mengganti kotak amal tersebut dengan bahan besi agar lebih aman," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved