Berita Surabaya

Jelang Piala Dunia U-20, Pemkot Surabaya Pasang Geomembran di PLTSa Benowo Agar Tak Bau Sampah

Jelang piala dunia U-20 2023 mendatang, Pemkot mempercepat pemasangan geomembran di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo.

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Pemkot mempercepat pemasangan geomembran di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo untuk mengatasi bau sampah jelang penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Masalah bau sampah menjadi salah satu yang diantisipasi Pemkot Surabaya jelang Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. Untuk itu, Pemkot mempercepat pemasangan geomembran di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo.

Melalui teknologi ini, Pemkot optimistis bau yang berasal dari sampah PLTSa Benowo dapat dicegah. Tak hanya lewat teknologi ini saja, Pemkot juga menyiapkan sejumlah teknologi lain di sekitar lokasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan sumber bau sampah di kawasan Gelora Bung Tomo (GBT). Menurutnya, bau di salah satu venue Piala Dunia U-20 ini berasal dari fermentasi sampah yang ada di TPA Benowo.

Fermentasi itu menimbulkan gas metan dan sulfur sehingga menyebabkan bau kurang sedap. "Untuk atasi ini, kami manfaatkan teknologi untuk meredam bau di (venue) Piala Dunia U-20,” kata Hebi, Senin (8/8/2022).

Ada sejumlah hal yang dilakukan. Di antaranya, meminta pengelola PLTSa Benowo untuk menutup tumpukan sampah itu dengan geomembran.

Dengan demikian, gas yang ditimbulkan oleh sampah itu tidak keluar area PLTSa. Ini akan sekaligus memperbaiki pemasangan geomembran yang telah sobek sebelumnya.

“Sampai sekarang pengerjaan pemasangan geomembran itu sudah lebih dari 50 persen. Awal September kami target selesai," kata Hebi.

Selain mengatasi bau, ini akan memperindah kawasan. "Kalau ditutup semuanya kan juga lebih cantik secara estetikanya,” kata dia.

Kedua, pemkot juga meminta penambahan methane capture. Yakni, dengan pemasangan pipa-pipa atau blower di bawah TPA (methane capture).

Baca juga: Respon Aji Santoso Terkait Bayi Meninggal Dunia Diajak Saksikan Bola di Surabaya, Berbela Sungkawa

Kumpulan Berita Lainnya seputar Surabaya

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved