Berita Sampang

Sampang Satu-Satunya Kabupaten Di Madura Berhasil Mencapai UHC, Ini Harapan Bupati Slamet Junaidi

Bupati Sampang H Slamet Junaidi menyampaikan jika program UHC ini merupakan salah satu misi-nya sejak awal semenjak memimpin Sampang

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti (tengah) saat di kegiatan launching UHC (19/8/2022) kemarin. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama


TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Kabupaten Sampang, Madura merupakan satu-satunya Daerah/Kabupaten di Madura yang berhasil mencapai program Universal Health Coverage (UHC), Minggu (21/8/2022).


Hal tersebut disampaikan, Direktur Utama BPJS Kesehatan Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, mengingat target BPJS Kesehatan secara nasional tahun ini bisa mencapai 98 persen dan di Kabupaten Sampang sudah cukup tinggi, lebih dari 97,52 % .


Sehingga, pihaknya berharap Kabupaten lainnya di Madura juga mengikuti langkah Kabupaten Sampang.


"Kurang lebih 23.000 lagi menuju 100 % bukan masalah yang besar bagi Kabupaten Sampang," terangnya.


Sementara, Bupati Sampang H Slamet Junaidi menyampaikan jika program UHC ini merupakan salah satu misi-nya sejak awal semenjak memimpin Sampang.


Sebab, dirinya ingin hadir di tengah masyarakat Sampang melalui pelayanan kesehatan dengan menggratiskan kepada masyarakat Sampang.


"Maka setelah kami melakukan hitung-hitungan, kita menganggarkan program UHC ini sekitar Rp. 30 miliar, untuk membayar premi dari seluruh masyarakat Sampang," ujarnya.


Dengan begitu, saat ini masyarakat Sampang tidak perlu risau soal biaya jika ingin berobat ke tempat pelayanan kesehatan di manapun berada, yang terpenting bekerja sama dengan BPJS.


Sebab sejak diberlakukannya UHC mulai 1 Agustus 2022 kemarin, warga hanya menunjukkan KTP bila ingin berobat sehingga tidak dipungut biaya sepeserpun karena ditanggung pemerintah daerah.

Baca juga: Pelaku Penganiayaan di Sebuah Kafe di Sampang Lapor Balik, Pengacara Ungkap Permintaan ke Polisi


"Meski berada di Papua program ini bisa digunakan oleh warga Sampang, yang terpenting memiliki KTP Sampang," terangnya.


"Sedangkan untuk katagori penyakit yang dapat dicover program UHC ini, tentunya sesuai di BPJS kesehatan," imbuhnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved