Berita Pamekasan

Ini Empat Program Inovasi Kominfo Pamekasan yang Diluncurkan Dalam Waktu Dekat, TNDE dan STB

diluncurkannya TNDE ini untuk memudahkan pengurusan surat menyurat di setiap dinas Pemkab Pamekasan agar lebih cepat sampai

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Kepala Diskominfo Pamekasan, Ir. Mohamad memakai kopyah saat diwawancarai sejumlah media sewaktu menjadi narasumber dalam uji kompetensi wartawan di Hotel Odaita Pamekasan, Sabtu (27/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Kominfo Pamekasan akan meluncurkan empat program inovasi. 


Empat program inovasi itu meliputi pengenalan dan penggunaan Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE), penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE), pengenalan program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan penyaluran bantuan Set Top Box (STB) TV digital.


Kepala Diskominfo Pamekasan, Ir. Mohamad mengatakan, diluncurkannya TNDE ini untuk memudahkan pengurusan surat menyurat di setiap dinas Pemkab Pamekasan agar lebih cepat sampai terhadap orang atau instansi yang dituju. 


Kata dia, selama ini penerapan tata naskah dinas (TNDE) di Kabupaten Pamekasan masih dilakukan secara mandiri atau manual, dan belum berjejaring secara elektronik dengan sejumlah dinas. 


"Adanya aplikasi TNDE tersebut dirasa lebih irit dan praktis dalam pengurusan surat menyurat karena tidak memakai kertas lagi dan tidak memerlukan jasa kurir untuk mengantar," kata Ir. Mohamad, Sabtu (27/8/2022).


Rencana dia, server TNDE ini akan dipusatkan di Kantor Kominfo, dan masing-masing dinas akan diberikan aplikasi TNDE tersebut.


Ke depan pengurusan surat menyurat di setiap dinas Pemkab Pamekasan akan dikirim melalui surat elektronik dengan menggunakan aplikasi TNDE tersebut.


Untuk menunjang program TNDE ini, Kominfo Pamekasan juga akan menyediakan menu tanda tangan elektronik (TTE). 


Dalam penerapan dua program ini Pemkab Pamekasan melalui Kominfo Pamekasan bermitra dengan Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN). 


Pada 20 Juli 2022 lalu, Pemkab Pamekasan, Diskominfo Pamekasan dan BSSN telah melakukan tanda tangan (MoU) kerjasama untuk mewujudkan dua program tersebut.

Baca juga: Sekitar 157 Ribu Warga Pamekasan Terima Bantuan STB dari Kemenkominfo RI, Simak Penerima & Jadwalnya

Kumpulan Berita Lainnya seputar Pamekasan

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com


Penuturan Mohamad, kecanggihan aplikasi TNDE ini, apabila menerima surat masuk dan keluar dari pegawai atau dinas di Pemkab Pamekasan akan mendapatkan notice atau tanda peringatan yang tercantum dalam aplikasi tersebut. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved