Berita Sumenep

Kemensos Beri Bantuan Pengobatan Bayi Lahir Tanpa Anus di Sumenep

Bantuan dari Kemnsos tersebut diberikan langsung melalui utusan Tri Rismaharini kepada Asyifa yang berada di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Ali Hafidz Syahbana
Utusan Kemensos Tri Rismaharini datangi Asyifa di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep untuk memberikan bantuan pengobatan, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Akhirnya bayi yang terlahir tanpa anus yakni Asyifa, warga pulau Kangean Sumenep mendapat bantuan pengobatan dari Kementerian Sosial (Kemensos) Tri Rismaharini.

Bantuan dari Kemnsos tersebut diberikan langsung melalui utusan Tri Rismaharini kepada Asyifa yang berada di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep pada hari ini, Selasa (30/8/2022).

"Menanggapi berita viral (tentang Asyifa), Ibu Menteri (Sosial) bu Risma meminta kami selaku perwakilan dari Kementerian Sosial yang ada di Pati (Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras Pati) untuk meresponsnya," kata perwakilan Kemensos, Jiwaningsi kepa media di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

Berdasarkan koordinasi dengan pihak terkait di Sumenep lanjutnya, yakni Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah Asyifa akan segera dibawa ke RSUD dr. Soetomo Surabaya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Iya setelah semua administrasi di sini selesai, sesegera mungkin anak ini akan dibawa ke rumah sakit dr. Soetomo Surabaya," kata Kepala Sentra Margo Laras Jiwaningsih.

Soal bantuan lanjutnya, selain berupa uang dan nutrisi untuk Asyifa nantinya ada juga program pemberdayaan dari Kementerian Sosial kepada orang tuanya.

Untuk diketahui sebelumnya, Asyifa merupakan buah hati pasangan suami istri Irwan dan Susi Susanti asal pulau Kangean Sumenep.

Saat ini Asyifa berusia 2 tahun 7 bulan, sejak lahir ia tidak memiliki lubang anus.

Sehingga tak bisa buang air besar (BAB) sebagaimana orang pada umumnya.

Baca juga: Musik Tong-Tong Talango Iringi Lagu Ciptaan Bupati Sumenep Mencintai Tanpa Dicintai, Hibur Warga

Kumpulan Berita Lainnya seputar Sumenep

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

Tak jarang Asyifa menangis kesakitan saat akan BAB melalui saluran air kencingnya

"Setiap kali mau BAB (buang air besar) lama dan perutnya bengkak. Kalau BAB melalui saluran kencing dan ituprosesnya lama," tutur Maysaroh, salah satu dari anggota keluarga Asyifa pada hari Senin (29/8/2022).

Asyifa merupakan warga Desa Kangayan  Kepulauan Kangean Sumenep yang sejak lahir dengan kondisi kelainan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved