Berita Pamekasan

Pemkab Pamekasan Minta Tim Pemantau Laporkan Bila Temukan Pelanggaran Tataniaga Tembakau

Pembentukan tim pemantau tembakau ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran tataniaga tembakau yang merugikan petani. 

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Petani tembakau saat mengangkut tembakau yang hendak ditimbang di salah satu gudang di Pamekasan, Selasa (30/8/2022). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pamekasan, Madura, setiap tahunnya rutin membentuk tim pemantau yang bertugas mengecek langsung tataniaga tembakau di sejumlah gudang yang ada di kabupaten setempat.


Kepala Bidang Pengawasan Konsumen dan Kemetorologian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Imam Hidajad menjelaskan, pembentukan tim pemantau tembakau ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran tataniaga tembakau yang merugikan petani. 


Dia bersyukur, selama ini tim yang dibentuk belum menemukan pelanggaran di lapangan.

Baca juga: Gegara Buang Puntung Rokok Sembarangan, Lahan Bambu Milik Warga Pamekasan Ini Ludes Dilalap Api

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunMadura.com


Dia meminta tim pemantau tembakau melaporkan apabila menemukan praktik kecurangan pembelian tembakau yang dapat merugikan petani. 


Seperti pengambilan sampel lebih dalam setiap pembelian, karena pengambilan sampel telah diatur dalam peraturan daerah (perda).


"Masing-masing pemantau kita tempatkan di gudang-gudang pembelian sesuai dengan amanat perda, mereka bertugas untuk melaporkan adanya pelanggaran, dan serapan tembakau kepada tim pengawas," kata Imam Hidajad, Selasa (30/8/2022).


Pihaknya berjanji tak akan segan menindak setiap pelanggaran dalam tataniaga tembakau ini, karena hal ini menyangkut kepentingan petani yang harus diperjuangkan. 


Apalagi, segala kegiatan tataniaga tembakau ini telah diatur dalam perda. 


"Kami selalu mewanti-wanti, apabila ada pelanggaran tolong diinformasikan. Ini menyangkut kepentingan masyarakat," pintanya.


Imam mengaku juga turun langsung ke sejumlah pabrikan setiap musim tanam tembakau untuk memastikan tataniaga tembakau berjalan dengan baik. 


"Beberapa tahun lalu setiap musim tanam kami road show kepada pabrikan, tetapi belakangan ini karena keterbatasan anggaran, kami hanya mengundang pabrikan saja. Jadi, segala permasalahan itu kami sampaikan kepada pabrikan," tutupnya.


#Ket foto: Suasana para petani tembakau saat mengangkut tembakau yang hendak ditimbang di salah satu gudang di Pamekasan, Selasa (30/8/2022).
 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved