Berita Madura

DPMPTSP Naker Pamekasan Gelar Bimtek Manajemen Keuangan WUB, Bagi Tips Cara Atur Uang yang Baik

Tema materi bimtek tersebut meliputi manajemen keuangan dan pangsa pasar, wirausaha baru, strategi pemasaran dan peluang ekspor produk IKM Pamekasan

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Pamekasan, Supriyanto. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian 


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP Naker) Pamekasan, Madura, menggelar bimbingan teknik (bimtek) pelatihan manajemen keuangan bagi wirausaha baru (WUB) di Ball Room Berlian Hotel, Jalan Raya Panglegur, Rabu (21/9/2022).


Tema materi bimtek tersebut meliputi manajemen keuangan dan pangsa pasar, wirausaha baru, strategi pemasaran dan peluang ekspor produk IKM Pamekasan, produk sehat omzet meningkat UMKM tangguh Pamekasan maju, koperasi sehat UMKM kuat Pamekasan hebat, dan jaminan sosial bagi pelaku usaha.


Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan, Supriyanto mengatakan, manajemen keuangan sangat penting bagi para pelaku usaha agar tidak menghamburkan uang bisnisnya untuk sesuatu yang tidak penting. 


Karena seyogyanya, seseorang harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan supaya keuangan dapat terkelola dengan baik.


"Kita perlu manajemen keuangan, jangan banyak bergaya, sesuaikan dengan kemampuannya. Sehingga, uang yang didapat dari usahanya nanti habis hanya untuk membeli barang sesuai dengan keinginan, bukan sesuai dengan kebutuhan," kata Supriyanto.


Pengamatan dia, pelaku usaha terkadang tidak terkontrol dalam membelanjakan keuangannya tersebut lantaran keinginannya tidak bisa dibendung. 


Akibatnya, usaha yang dilakukan cenderung merugi atau bahkan bangkrut.


"Oleh karena itu, ketika bapa atau ibu masuk ke toko, membeli sesuaikan dengan kebutuhan, jangan keinginan. Kalau keinginan semuanya akan dibeli. Makanya, bimtek manajemen keuangan ini begitu pentingnya untuk bagaimana bapak atau ibu mengelola usaha," ujarnya.


Mantan Kabag Prokopim Setdakab Pamekasan ini meminta pelaku usaha tidak menghamburkan keuangannya dalam urusan yang tidak penting. 

Baca juga: Lapas Narkotika Pamekasan Berikan Pelatihan Kemandirian untuk WBP, Mulai Las Hingga Buat Paving

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Madura dan Berita Pamekasan hanya di GoogleNews TribunMadura.com


Apalagi bisnis yang dijalaninya baru merintis dan keuangannya belum stabil.


"Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama pelaku UMKM atau pelaku usaha rumahan. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai sesuai keinginan Bapak Bupati Pamekasan," harapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved