Momen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Melantik Pengurus Kagama di Sumatera Utara

Kali ini, ada empat Pengurus Cabang Kagama yang dilantik. Di antaranya Pengurus Cabang Kagama Simosir, Toba, Pematang Siantar dan Simalungun.

Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Keberadaan Kagama, lanjut Ganjar, diharapkan bisa membantu dalam pembangunan di masing-masing daerahnya 

TRIBUNMADURA.COM, MEDAN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Pengurus Cabang Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) di Wilayah Sumatera Utara masa bakti 2022-2027. Ganjar minta, Kagama dapat berkontribusi nyata bagi daerah.


Kali ini, ada empat Pengurus Cabang Kagama yang dilantik. Di antaranya Pengurus Cabang Kagama Simosir, Toba, Pematang Siantar dan Simalungun.


"Iya, ini ada beberapa Pengurus Cabang Kagama Sumatera Utara, dan ini ada empat yang sudah kita lantik, serta satu lagi besok di Nias," ujar Ganjar yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama, Sabtu (24/9/2022).


Keberadaan Kagama, lanjut Ganjar, diharapkan bisa membantu dalam pembangunan di masing-masing daerahnya. 


"Banyak cerita yang bisa dibagi. Ada pengalaman, ada akses, ada pengetahuan yang kita harapkan teman-teman Kagama dimanapun berada mereka bisa berkontribusi," terangnya. 


Orang nomor satu di Jawa Tengah itu menceritakan kisah-kisah inspiratif yang dilakukan Kagama di daerah-daerah. Salah satunya di Tangerang, yang membantu narapidana untuk lebih produktif dan bisa kembali ke masyarakat dengan baik.


"Ada yang dulu punya inspirasi mengurus peternakan ada kambing, ada sapi, ada UMKM. Itu kemarin ada yang di Tangerang itu membantu para narapidana jauh lebih produktif bisa kembali ke masyarakat. Ada juga deradikalisasi dengan kegiatan macam-macam ada olahraga, ada kesenian," lanjutnya.


Ia menilai Pengurus Kagama di Sumatera Utara memiliki pengalaman dan kompetensi yang dibutuhkan untuk turut serta membangun daerahnya.


"Saya kira di Sumatera Utara banyak sekali pengalaman yang mereka punya dan jejaring yang mereka miliki. Mudah-mudahan pengurus Kagama mengabdikan itu di tengah kondisi yang sulit. Kita harapkan mereka bisa membantu kerja-kerja praksis di tengah masyarakat, solusi UKM bagaimana saya kira menghadapi situasi BBM yang naik bagaimana, bagaimana melakukan komunikasi sosialiasasi masyarakat atau barangkali butuh alternatif-alternatif keputusan yang bisa dibangun. Mudah-mudahan kawan Kagama berkontribusi di situ," imbuhnya.

Baca juga: Lima Langkah BI Disampaikan ke Ganjar Pranowo, Demi Tekan Inflasi Imbas Kenaikan Harga BBM

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com


Baginya, Kagama sudah menjadi organisasi yang solid. Sejauh ini, saling menjaga kekompakan dan intens berkomunikasi.


"Tapi saya suka kekompakannya selalu ada, komunikasinya selalu intens. Sehingga semua yang terkait dengan organisasi Kagama bisa dikomunikasikan," tuturnya


Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah Kagama Sumatera Utara, RM Mulianta Sitepu mengatakan bahwa pihaknya telah memfasilitasi Pengurus Cabang, sehingga resmi dilantik.


"Mari, kita kuatkan panji-panji sebagai alumni (Kagama). Pengurus Pusat telah memberikan waktu untuk kita, dan kini saatnya kita membayar hutang itu," katanya saat sambutan di acara yang dihelat di Medan Club tersebut.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved