Berita Sumenep

Bupati Achmad Fauzi Tekankan Kesigapan Cegah Resiko Kejadian Demi Antisipasi Bencana Alam

Mengingat Kabupaten Sumenep, Madura ini secara geografis terdiri dari kepulauan dan daratan yang termasuk daerah rawan bencana.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Ali Hafidz Syahbana
Bupati Achmad Fauzi saat meninjau langsung peralatan pencegahan bencana alam di halaman kantor Bupati Sumenep, Selasa (25/10/2022). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Antisipasi terjadinya bencana alam, Bupati Sumenep Achmad Fauzi menekankan para pihak terkait kesigapan dalam menangani resiko kejadian.

Mengingat Kabupaten Sumenep, Madura ini secara geografis terdiri dari kepulauan dan daratan yang termasuk daerah rawan bencana.

Bencana tersebut diantaranya, baik bencana faktor alam dan non alam, sehingga kata orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep ini kejadian bencana itu harus disiapkan dan dipersiapkan lebih dini.

"Semua pihak terkait harus meningkatkan koordinasi dan kerja sama yang baik untuk penanggulangan bencana, karena setiap kejadian bencana sangat membutuhkan penanganan yang cepat," kata Achmad Fauzi saat berlangsung Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana di wilayah Kabupaten Sumenep di Halaman Kantor Bupati pada Selasa (25/10/2022).

Baca juga: Polres Pamekasan Tangkap Pengedar dan Pengguna Sabu Dalam Semalam, Warga Sampang Ini Masih Diburu

Informasi lengkap dan menarik lainnya Berita Sumenep dan Berita Madura di GoogleNews TribunMadura.com

Untuk itu, unsur penanggulangan bencana di wilayah Kabupaten Sumenep memerlukan kemampuan untuk Identifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan, agar mengurangi risiko kejadian bencana.

"Maka saya tekankan penanggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi di antara pihak terkait, guna bersama-sama mengurangi risiko," pintanya.

Saat ini, bencana alam yang perlu dilakukan adalah menentukan intensitas bencana alam hidrologi, akibat beberapa faktor, seperti jumlah penduduk, urbanisasi, lingkungan degradasi, kemiskinan, dan pengaruh perubahan iklim global.

"Tentu harapannya semua pihak terkait meningkatkan sinergitas mulai tingkat kabupaten maupun kecamatan dalam upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana," katanya.

Dalam kesempata itu pula, Bupati Achmad Fauzi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau peralatan kesiagaan bencana Kabupaten Sumenep.

Diharapkan, masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan serta terbiasa melakukan upaya mitigasi, sehingga dapat menekan seminimal mungkin dampak akibat terjadinya bencana.

"Begitu pula, seluruh perangkat daerah Pemerintahan Kabupaten Sumenep, semangat perspektif kebencanaan sesuai ruang lingkup dan binaannya masing-masing," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Sumenep ini.

Foto : Bupati Achmad Fauzi saat meninjau langsung peralatan pencegahan bencana alam di halaman kantor Bupati Sumenep, Selasa (25/10/2022).


 
 

--
Anda menerima pesan ini karena berlangganan grup "SURYA KITA - http://surya.co.id" di Google Grup.
Untuk berhenti berlangganan dan berhenti menerima email dari grup ini, kirim email ke suryakita+unsubscribe@googlegroups.com.
Untuk melihat diskusi ini di web, kunjungi https://groups.google.com/d/msgid/suryakita/CAEvoM__xo5wSRRWz3JpvWpNOWPmekKK3sSbFV+q-fQeC0ZQfwg@mail.gmail.com.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved