Berita Banyuwangi

Momen Haru saat Napi di Lapas Banyuwangi Melangsungkan Pernikahan, Ijab Kabul di Depan Penghulu

Suasana haru terasa selama ijab kabul berlangsung. Pernikahan sederhana itu dihadiri oleh keluarga inti kedua mempelai

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Samsul Arifin
Istimewa/TribunMadura.com
Prosesi akad nikah di Lapas Banyuwangi, Kamis (1/12/2022). Momen haru ini terjadi pada tersangka kasus narkotika di Lapas Banyuwangi 

TRIBUNMADURA.COM, BANYUWANGI - AF (33), tahanan kasus narkotika melangsungkan pernikahan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuwangi, Kamis (1/12/2022).

Warga Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi itu mengesahkan hubungan dengan wanita pujaan hatinya, RI (21), dalam prosesi akad nikah di Aula Sahardjo Lapas Banyuwangi.

Suasana haru terasa selama ijab kabul berlangsung. Pernikahan sederhana itu dihadiri oleh keluarga inti kedua mempelai dan perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Srono.

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto menjelaskan, akad nikah di lapas digelar atas permintaan keluarga mempelai dan KUA Kecamatan Srono.

“Pernikahan itu merupakan salah satu hak dari warga binaan, sehingga pelaksanaan akad nikahnya kami fasilitasi,” ujar Wahyu.

Baca juga: Peluncuran Tribunjatim-timur.com, Bupati Banyuwangi Beberkan Sederet Capaian Peningkatan Ekonomi

Sebelum akad nikah digelar, pihak keluarga dan KUA terlebih dulu mengajukan permohonan sebagai administrasi dan substantif agar prosesinya bisa digelar di Lapas Banyuwangi.

"Atas dasar permohonan tersebut, pihak Lapas Banyuwangi kemudian mengajukan izin kepada pihak penahan dari AF, karena saat ini AF masih berstatus sebagai tahanan," sambungnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunMadura.com

Setelah izin turun, Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) menindaklanjuti dengan prosesi sidang. Hingga akhirnya prosesi akad nikah bisa digelar di Lapas Banyuwangi.

"Kami berupaya untuk selalu menegakkan SOP (standar operasional prosedur) dalam pelaksanaan tugas,” tuturnya.

Sementara AF bersyukur telah difasilitasi untuk menggelar akad nikah di Lapas Banyuwangi.

"Alhamdulillah, saya sangat senang karena bisa diizinkan untuk menikah di Lapas,” katanya.

Setelah prosesi akad nikah tuntas, AF harus kembali ke sel untuk melanjutkan masa penahanannya. Sementara istrinya pulang ke kediaman

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved