Berita Surabaya

NasDem Surabaya Target Kursi DPRD Naik 3 Kali Lipat, Usai Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Dibanding hasil pemilu 2019, target tersebut nyaris naik 3 kali lipat. Sebab, pada pemilu tersebut, NasDem baru mendapatkan 3 kursi DPRD Surabaya

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Bobby Koloway
Suasana Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) NasDem Surabaya, Sabtu, (03/12/2022) lalu. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - DPD NasDem Surabaya telah memiliki target kursi yang akan diraih di Pemilu 2024 mendatang.

Minimal, NasDem dapat meraih 8 kursi dari total 50 kursi DPRD Surabaya.

Keputusan ini diambil berdasarkan usulan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) NasDem Surabaya, Sabtu, (03/12/2022) lalu. "Berdasarkan sejumlah pertimbangan, kami optimis bisa mendapatkan 8 kursi DPRD Surabaya," kata Ketua DPD NasDem Kota Surabaya Robert Simangungsong, Selasa (6/12/2022).

Apabila dibanding dengan hasil pemilu 2019, target tersebut nyaris naik 3 kali lipat. Sebab, pada pemilu tersebut, NasDem baru mendapatkan 3 kursi DPRD Surabaya.

Robert menjelaskan, target tersebut didasarkan pada beberapa hal. Pertama, pihaknya menilai partainya menunjukkan tren positif pasca mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Calon Presiden di Pemilihan Presiden 2024.

Baca juga: NasDem yang Usung Anies Baswedan Tersindir? Imbas Jokowi Minta Parpol Tak Sembrono Pilih Capres

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunMadura.com

"Sejumlah survei menunjukkan bahwa NasDem mengalami peningkatan cukup signifikan setelah mendeklarasikan Pak Anies (sebagai Capres)," katanya.

Pun demikian di Surabaya, tren pemilih NasDem juga menunjukkan gejala kenaikan serupa. "Ini membawa pengaruh kepada NasDem di Surabaya," katanya.

Pertimbangan kedua, pihaknya telah memetakan masing-masing daerah pemilihan (dapil). Menurutnya, ada sejumlah potensi kenaikan kursi di dapil tertentu.

Pada pemilu 2019 lalu, NasDem mendapatkan 3 kursi dari 3 dapil berbeda. Yakni, Imam Syafii di Dapil 1, Saiful Bahri di dapil 2, dan Hari Santoso di dapil 5.

Pada pemilu mendatang, NasDem menargetkan dapat mempertahankan kursi serta menambah minimal satu kursi di 5 dapil berbeda.

"Sehingga, apabila sebelumnya baru dapat 1 kursi maka nanti harus bisa 2 kursi. Sedangkan apabila (sebelumnya) belum ada kursi, minimal harus ada 1 kursi (di pemilu 2024)," jelas Robert.

Oleh karenanya, NasDem juga telah memulai proses perekrutan calon legislatif. Selain mengoptimalkan kader internal, perekrutan caleg juga didasarkan pada elektabilitas figur tersebut.

"Untuk perekrutan caleg telah mencapai 80 persen. Selanjutnya, kami akan lakukan survei untuk menentukan letak dapil masing-masing caleg," katanya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved