Kwarda Pramuka Jatim Salurkan Bantuan Sosial Jangka Panjang untuk Korban Gempa Cianjur

Kedatangan mereka untuk memberikan bantuan bukan dalam bentuk jangka pendek, melainkan dalam hal yang bersifat jangka panjang.

Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Istimewa
Ketua Kwarda Jatim, Arum Sabil saat memberikan bantuan kepada korban Gempa Cianjur 

TRIBUNMADURA.COM - Bantuan sosial untuk korban gempa Cianjur disalurkan oleh Keluarga Besar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Selasa (6/12/2022).

Ketua Kwarda Jatim H.M Arum Sabil berkesempatan untuk mengunjungi lokasi gempa Cianjur.

Arum Sabil menjelaskan jika mereka memberi bantuan bukan dalam bentuk sembako.

Namun, bantuan yang diberikan dalam jangka panjang.

Kedatangan Keluarga Besar Kwarda Jatim disambut oleh Ketua Harian Kwarda Jabar H Deni Nurdyana Hadimin yang didampingi Sekreatris Kwarda Fajar Kusumajaya, Wakil Sekretaris I M Syachrul Koswara dan Kepala Sekretariat Entis Sutisna di Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang.

Baca juga: Kisah Ashanty Kunjungi Korban Gempa Cianjur, Istri Anang Akui Penasaran Hingga ke Lokasi ini

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunMadura.com

Sementara dari Kwarcab Cianjur diwakili oleh Waka Sarpras Nana Suryana, Sekretaris Ade dan tim Pramuka Peduli Kwarcab Cianjur.

Di sela-sela kunjungannya ke Cianjur, Ketua Kwarda Jatim H.M Arum Sabil mengatakan bahwa kedatangannya ke Cianjur adalah dalam rangka menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak Bencana Gempa Bumi Cianjur.

"Hari ini kita datang kesini tidak memberikan bantuan berupa sembako ataupun makanan. Namun kita akan memberikan beberapa barang yang menjadi kebutuhan utama dan dipakai untuk jangka waktu yang panjang," ujarnya.

Bantuannya tersebut di antaranya penunjang untuk kebutuhan air bersih, listrik dan juga untuk kebutuhan tempat tinggal sementara. "Masyarakat pasti butuh air bersih yang banyak sehingga kita kirim 20 unit tandon air dengan kapasitas 24.000 liter, 20 unit genset kapasitas 23.000 watt, 100 buah selimut, 70 buah matras, 100 buah terpal dan 1.200 popok. Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat Cianjur," sebutnya.

Arum Sabil juga menyebut bahwa bentuk kepedulian Kwarda Jatim dilatarbelakangi lantaran anggota Pramuka di Indonesia. Salah satunya di Jawa Barat kerap membantu ketika ada bencana di wilayahnya. Sehingga sudah sepatutnya untuk saling membantu dan saling menguatkan satu sama lain.

"Saya juga berharap silaturahmi dan kerjasama antara kwarda Jabar dan Jatim dapat terus dijalin. Bukan hanya dalam hal kebencanaan saja, namun juga dalam hal lain seperti lingkungan hidup, pendidikan dan lainnya," terangnya.

Arum Sabil menyampaikan ucapan salam dari Ketua Mabida Jatim yang merupakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada masyarakat Cianjur dan juga Kwarda Jabar.

"Salam hormat dari Ibu Gubernur Khofifah selaku Kamabida Kwarda Pramuka Jatim yang sangat memberikan perhatian kepada kami sehingga kami bisa berangkat ke sini menyalurkan bantuan atas nama Jawa Timur untuk para korban bencana Cianjur," bebernya.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarda Jabar Deni Nurdyana Hadimin menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk Kwarda Jawa Timur yang telah memberikan bantuan untuk korban bencana di Cianjur.

"Kami sangat berterimakasih kepada Kwarda Jatim atas bantuan yang diberikan untuk masyarakat terdampak gempa bumi di Cianjur, semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para penyintas di lokasi pengungsian gempa Cianjur," pungkasnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved