Berita Madura

Pemkab Pamekasan Raih Penghargaan dari Kemenkes RI, Bupati Baddrut Tamam Ajak Layanan Harus Prima

Dinas Kesehatan berhasil mendapatkan penghargaan tersebut tidak lepas dari partisipasi masyarakat untuk senantiasa berperilaku bersih dan sehat. 

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Aqwamit Torik
TribunMadura.com/Kuswanto Ferdian
Kadinkes Pamekasan, dr Saifuddin (tengah) bersama Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin saat menandatangani komitmen jaga masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian


TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berupa sanitasi total berbasis masyarakat berkelanjutan (STBM).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, dr. Saifuddin mengatakan, dinasnya berhasil mendapatkan penghargaan tersebut tidak lepas dari partisipasi masyarakat untuk senantiasa berperilaku bersih dan sehat. 

Mengingat, hidup bersih dan sehat akan berpengaruh terhadap kualitas hidup.

"Berperilaku bersih dan sehat itu menjadi indikator utama untuk meraih penghargaan tersebut. Kami akan terus memperkuat kerja sama dan jejaring dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang mempunyai pengaruh besar dalam mewujudkan STBM ini," kata dr. Saifuddin, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Angka Kecelakaan Lalin Tahun 2022 di Pamekasan Meningkat, Tercatat 87 Pengendara Meninggal Dunia

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunMadura.com

Dia menjelaskan, terdapat lima STBM yang terealisasi, yaitu tidak buang air besar sembarangan, pengelolaan limbah cair rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga.

Sementara itu, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mewujudkan kebersihan lingkungan yang dapat mendorong kualitas hidup warga Pamekasan

Sehingga, cita-cita besar mewujudkan Pamekasan yang berdaya saing dapat terealisasi dengan baik.

Menurutnya, penghargaan itu sebagai indikator komitmen Pemkab Pamekasan di bidang kesehatan yang telah menjadi program prioritasnya. 

Karena, pelayanan kesehatan hingga fasilitas kesehatan paling bawah sekarang telah lebih baik dari sebelumnya.

"Indikator kabupaten ini berkomitmen di bidang kesehatan dengan memberikan layanan kesehatan yang cepat, indikator pelayanan cepat ialah masyarakat bisa mengakses informasi yang cepat. Di rumah sakit layanannya semakin baik, di puskesmas layanan semakin baik, baru kemudian sosialisasi di berbagai tempat," ujarnya.

Bupati dengan sederet prestasi ini mengaku bersyukur partisipasi masyarakat dalam merealisasikan program pemerintahan semakin meningkat.

Hal itu tidak lepas dari komitmen Pemkab Pamekasan memberikan layanan yang ekselen kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan kabupaten ini terus merangkak maju menjadi kabupaten yang inovatif, ekselen, cepat dan mudah. Dengan demikian, Pamekasan akan mampu berdaya saing dengan kabupaten atau kota lainnya di Indonesia," harapnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved