Berita Surabaya

Surabaya Dihebohkan Penemuan Granat di Halaman Kantor Wali Kota, Peninggalan Era Belanda

Penemuan ini berada di area Taman Surya sisi Timur Air Mancur Balai Kota Surabaya sekitar pukul 11.40 WIB

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Bobby Koloway
Pekerja taman di Halaman Balai Kota Surabaya menemukan sebuah granat, Sabtu (7/1/2022). Tim dari Polda Jawa Timur pun melakukan pengamanan 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pekerja taman di Halaman Balai Kota Surabaya menemukan sebuah granat, Sabtu (7/1/2022). Tim dari Polda Jawa Timur pun melakukan pengamanan. 

Penemuan ini berada di area Taman Surya sisi Timur Air Mancur Balai Kota Surabaya sekitar pukul 11.40 WIB. Saat itu, pekerja sedang memasukkan tanah kedalam pot. 

Tanah yang digunakan tersebut merupakan tanah urugan yang didatangkan dari daerah lain. Di tumpukan tanah inilah, pekerja menemukan benda mencurigakan yang akhirnya diketahui sebagai granat

"Pekerja lantas melapor kepada petugas keamanan Gedung Balai Kota Surabaya," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu. 

Petugas keamanan lantas melapor ke kepolisian. Akhirnya, Tim Penjinak Bom Gegana Brimob Polda Jatim tiba di lokasi untuk mengidentifikasi Granat Nanas tersebut.

Baca juga: Pegawai BUMN Aniaya Pemandu Lagu dan Staf Karaoke di Surabaya, Mabuk Berat?

Saat ini, polisi membawa barang tersebut untuk diamankan. “Penanganannya sekarang ini ditangani kepolisian. Kalau di Balai Kota Surabaya tidak ada masalah (keamanan) karena sebetulnya granat itu (berasal) dari tanah urukan (galian),” kata Yayuk. 

Beruntung, granat tersebut tak meledak. Selain itu, tak ada korban dalam penemuan tersebut. 

Yayuk memastikan, granat tersebut bukan berasal dari galian tanah di kawasan Taman Balai Kota Surabaya. Namun, berasal dari tanah galian/urukan yang didapat dari sungai di Jalan Kangean, Surabaya

Ia memastikan kawasan Balai Kota Surabaya tetap aman.

"Kondisi Granat Nanas tersebut sudah berkarat dan terbungkus tanah yang diperkirakan peninggalan zaman Belanda. Saat ini Granat Nanas tersebut diamankan di Mako Gegana Polda Jatim,” katanya. 

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved