Berita Madura

Bawaslu Kabupaten Bangkalan Pelototi Verifikasi Faktual Keanggotaan dan Kepengurusan Partai Prima

pihak Kpu Bangkalan melalui PPK di 13 Kabupaten Bangkalan harus menyelesaikan proses verfak Partai Prima hingga 4 April 2023

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Samsul Arifin
TribunMadura.com/Ahmad Faisol
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangkalan, Mustain Saleh memantau pelaksanaan proses verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai Prima di Desa Tambin, Kecamatan Tragah, Minggu (2/4/2023) 

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangkalan melalui Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) terus melakukan pengawasan terhadap proses verifikasi faktual (verfak) kepengurusan dan keanggotaan Partai Rakyat Adil dan Makmur (Prima) di tingkat kecamatan, Minggu (2/4/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangkalan, Mustain Saleh mengungkapkan, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 13 kecamatan dari total 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan harus menyelesaikan proses verfak Partai Prima hingga 4 April 2023.

“Barusan KPU tengah melakukan proses verfak tambahan Partai Prima, kebetulan kantor (Partai Prima) di Bangkalan ada di Desa Tambin, Kecamatan Tragah. Kami Bawaslu terus mengawasi, karena memang waktunya mepet,” ungkap Mustain kepada Tribun Madura.

Sekedar diketahui, Partai Prima dideklarasikan pada 1 Juni 2021. Diprakarsai oleh sejumlah aktivis dari organisasi gerakan sosial, serikat buruh, pelaku usaha kecil dan menengah, kaum profesional, aktivis perempuan, hingga kaum muda. Sebagian dari para pendirinya adalah eksponen aktivis 1998.

Mustain menjelaskan, sebelumnya Partai Prima gagal dalam verifikasi partai politik peserta Pemilu 2024 dan melakukan gugatan terhadap KPU melalui bawaslu dan PTUN namun sempat ditolak.

Baca juga: Kabel Listrik Melintang di Jalanan, Warga Bangkalan Tutup Sementara Akses Hingga Petugas PLN Datang

Ternyata keputusan terakhir, lanjut Mustain, bawaslu meminta KPU untuk memberikan kesempatan kepada Partai Prima untuk memperbaiki kekurangan administrasinya.

“Sekarang sedang dilakukan verfak kepengurusan dan keanggotaan. Harus selesai besok, karena berkejaran dengan tahapan-tahapan pemilu selanjutnya. Sehingga verifikasi tambahan bagi Partai Prima tidak mengganggu atau menunda tahapan-tahapan pemilu yang lain,” jelasnya.

Hingga sejauh ini, rekapitulasi keanggotaan Partai Prima di Kabupaten Bangkalan yang telah dilakukan verfak di lapangan sejumlah 294 orang. 

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved