Berita Surabaya

Belum Ada Indikasi Arab Saudi Cabut Larangan Masuk, Waktu Tunggu Antrean Jemaah Umrah Indonesia Lama

Kedatangan jamaah umrah dari Indonesia disambut oleh pihak Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang didampingi oleh pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Arab Saudi, Minggu (1/11/2020)

Reporter: Luhur Pambudi | Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag-RI) mencatat, 59.757 orang calon jamaah umrah (CJU) Indonesia mengantre dalam daftar tunggu pelaksanaan Ibadah Umrah di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi.

Jumlah tersebut merupakan CJU yang mendaftar sejak Jumat (28/2/2020) silam, dan dihimpun dari 600 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang tersebar di seluruh Indonesia

Dari jumlah antrean CJU tersebut. Hanya 18.722 orang CJH yang telah menyelesaikan tahapan administrasi dan mengantongi tiket keberangkatan.

Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Ibadah Haji Khusus Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag-RI, M Noer Alya Fitra mengungkapkan, hanya ada 120 orang dari belasan ribu CJU tersebut yang berhasil diberangkatkan ke tanah suci selama program ibadah umrah uji coba masa pandemi Covid-19.

Uji coba umrah yang digelar Pemerintah Arab Saudi itu berlangsung dalam empat tahap, yang dimulai Minggu (4/10/2020). Tak lebih dari tiga bulan dibuka, ternyata pelaksanaan umrah tersebut kembali ditutup setelah Pemerintah Arab Saudi melansir aturan pelarangan akses 20 negara di dunia; termasuk Indonesia, yang berlaku sejak Rabu (3/2/2021) hingga saat ini. 

Baca juga: Surabaya Berdarah, Bentrok Antar Kelompok Perguruan Silat dan Keamanan Ruko Buntaran

"Jadi ini cukup panjang jadi antreannya jamaah kita," katanya dalam wawancara eksklusif via Zoom bersama TribunJatim.com Jumat (16/4/2021).

Bukan hanya antrean CJU. Alya Fitra mengungkapkan, antrean keberangkatan otomatis juga terjadi pada keberangkatan calon jamaah haji (CJH). Apalagi tahun 2020, pemerintah Arab Saudi secara tegas melarang sementara pelaksanaan ibadah haji, karena pandemi Covid-19.

Kalau memang tahun 2021 larangan umrah dan haji tak kunjung dicabut. Dipastikan daftar antrean keberangkatan umrah maupun haji makin panjang dan lama karena tersendat kurun waktu dua tahun.

Alya Fitra mencatat, terdapat sekitar 4,5 Juta CJH yang mendaftar untuk pelaksanaan program haji reguler dengan masa tunggu sekitar 20 tahun. Sedangkan, program haji khusus sekitar 90 ribu orang CJH dengan masa tunggu sekitar lima tahun.

Halaman
123

Berita Populer