Membuat Pernak-Pernik Aksesoris dari Bahan Shrink Plastik, Proses ini yang Membuat Seru

Origamine Surabaya mengenalkan bahan bernama shrink plastik. Menurut Fenchilia Zhang, bahan tersebut dapat dijadikan gantungan kunci atau pernak perni

Membuat Pernak-Pernik Aksesoris dari Bahan Shrink Plastik, Proses ini yang Membuat Seru
TRIBUNMADURA.COM/HEFTYS SUUD
Keseruan kegiatan workshop shrink plastic bersama origamine di La Viz Marketing Gallery Pakuwon Mall, Sabtu (9/2/2019). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Origamine Surabaya mengenalkan bahan bernama shrink plastik. Menurut Fenchilia Zhang, bahan tersebut dapat dijadikan gantungan kunci atau pernak pernik lainnya.

Diceritakan Fenchilia, shrink plastic berbentuk seperti lembaran kertas yang dua sisinya memiliki tekstur yang berbeda. Yang pertama bertekstur licin, yang kedua memiliki tekstur berserat.

"Kita bisa menggambar bentuk apapun yang kita mau, di bagian yang berseratnya. Untuk menggambar pola, saya sarankan usahakan untuk menggunakan spidol permanent," tutur Fenchilia.

Serius saat Uji Coba Hadapi Timnas U-22, Madura United Harus Adaptasi saat Lawan Sriwijaya FC Nanti

Mulan Jameela Jenguk Ahmad Dhani Melebihi Batas Waktu Kunjungan, Karutan: Tidak Ada Perlakuan Khusus

Fenchilia menjelaskan, untuk menggambar di atas bagian berserat itu, wajib memposisikan bentuk gambar dalam bentuk sebaliknya atau mirroring. Pola yang sudah digambar, selanjutnya tinggal diwarnai sesuai keinginan menggunakan pensil warna.

Setelah itu, pola yang sudah siap harus digunting sesuai bentuk. Untuk mengubah lembaran plastik menjadi plastik keras, caranya dengan memasukkannya ke dalam oven.

"Ini menjadi bagian yang paling seru. Saat plasti lembaran tadi dimasukkan ke dalam oven, ajaibnya dia tidak meleleh. Namun, plastik tersebut akan menyusut, menebal beberapa senti meter dan mengeras," ungkapnya yang akrab disapa Lia.

Ini Tips dan Trik Cantik Ala MUA Surabaya Agar Foundation atau Bedak di Wajah Tidak Tampak Retak

TKD Jatim Jokowi-Maruf Optimis Raup Elektabilitas di Debat Kedua: Jangan Lagi Hoax, Tapi Program

Lanjutnya, setelah shrink plastic mengeras, bahan tersebut dapat dijadikan sebagai gantungan kunci atau pernak-pernik lainnya, antara lain liontin kalung dan gelang.

Terakhir, origamine mengadakan kegiatan di La Viz Marketing Galery untuk membuat shrink plastic menjadi gantungan kunci bebentuk kucing dan babi, Senin (11/2/2019).

Menurut Lia, kegiatan tersebut pun dapat juga dilakukan sendiri oleh anak-anak bersama orangtuanya. Shrink plasticnya bisa didapatkan seharga Rp 60 ribu melalui pemesanan di instagram resmi @origamined.id.

"Untuk memanaskan shrink plastic di dalam oven, suhunya adalah 170 derajat celcius. Masukkan kurang lebih satu sampai dua menit. Oleh karena itu, kalau mau melakukannya di rumah, orangtua harus ikut, mendampingi," ujar Lia. (Heftys Suud)

Penulis: Heftys Suud
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved