Jelang Natal dan Tahun Baru, Arus Penumpang Kapal Laut Diprediksi Naik

Arus penumpang embarkasi (berangkat) pada tahun lalu sejumlah 58.634 orang dan tahun ini diprediksi naik tipis sejumlah 59.220 orang.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Arus Penumpang Kapal Laut Diprediksi Naik
Tribunnews.com/Yurike Budiman
Ribuan Pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Arus penumpang kapal laut yang melalui pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III, pada musim liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 diprediksi naik.

Arus penumpang embarkasi (berangkat) pada tahun lalu sejumlah 58.634 orang dan tahun ini diprediksi naik tipis sejumlah 59.220 orang.

Sedangkan penumpang yang tiba (debarkasi) pada tahun lalu sejumlah 62.208 dan tahun ini diprediksi naik mencapai 64.323 orang.

"Jika dibandingkan dengan tahun lalu maka diprediksi akan ada kenaikan sebesar 3,4 persen," kata Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat, di sela Kunjungan Kerja Komisi V DPR-RI di Surabaya, Rabu (5/12/2018).

Curi Potongan Besi di Proyek Tol, Warga Kediri Dihukum Kurungan 5 Bulan Penjara

Khusus untuk Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, prediksi arus penumpang kapal laut pada masa liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 mencapai lebih dari 30.622penumpang.

Penumpang naik atau embarkasi diperkirakan sekitar 17.990 orang dan penumpang turun atau debarkasi sejumlah 12.632 orang.

"Puncak arus penumpang diprediksi pada tanggal 22 Desember 2018, karena merupakan awal liburan Hari Raya Natal," ujarnya.

Dibanjiri Ribuan Penonton, Acara Musik Saronen dan Ludruk di Desa Sokalelah Pamekasan Meriah

Ia mengungkapkan, mayoritas penumpang yang berangkat dan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ialah dari dan ke Pelabuhan Makassar dan Balikpapan.

Pelabuhan-pelabuhan lain yang juga ramai ialah tujuan Banjarmasin, Sampit, dan Kumai, di Pulau Kalimantan.

Sementara itu, potensi armada yang dapat melayani para penumpang sejumlah 17 kapal dari BUMN Pelni dan 19 kapal dari perusahaan pelayaran swasta.

Tanah Milik PCNU Situbondo Seluas 5.300 M2 Tiba-tiba Diserobot Orang Lain, LPBH NU Langsung Bergerak

Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved