Berita Jember

Petugas BPBD Jember Dibantu Warga Kerja Bakti Bersihkan Longsoran Perkebunan Teh Gunung Gambir

Petugas gabungan BPBD Jember dibantu warga setempat melakukan kerja bakti di kawasan Perkebunan Teh Gunung Gambir

ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Petugas BPBD Jember dan warga Perkebunan Teh Gunung Gambir melakukan kerja bakti longsoran di Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Minggu (16/12/2018). 

TRIBUNMADURA.COM, JEMBER - Petugas gabungan BPBD Jember dibantu warga setempat melakukan kerja bakti di kawasan Perkebunan Teh Gunung Gambir, Jember Minggu (16/12/2018).

Mereka bergotong royong membersihkan material longsoran, dan membersihkan rumah yang rusak akibat longsor.

"Hari ini tidak hujan di lokasi. Warga kembali ke rumah masing-masing, kecuali warga yang rumahnya rusak berat dan tidak bisa ditinggali," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember, Heru Widagdo kepada Surya.

"Meski begitu kami tetap meminta warga setempat berhati-hati dan waspada, karena kawasan di sekitar tempat tinggal rawan longsor. Juga ada retakan di atas tebing yang longsor sebelumnya," sambungnya.

Polda Jatim Telusur Temukan Indikasi Obat Keras Bahan Baku Pembuatan Kosmetik Oplosan

Selain melakukan kerjabakti, BPBD juga memberikan bantuan kepada warga terdampak longsor, berupa sembako, selimut, tikar dan terpal, serta alat masak.

Berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasional BPBD Jember, tebing longsor di kawasan kebun teh itu mengancam rumah 27 kepala keluarga yang terdiri aatas 86 jiwa.

Longsor tersebut mengakibatkan tiga rumah rusak berat yakni rumah Supar, Bowo, dan Murahman, serta satu rumah rusak sedang milik Rofi'i.

Mereka semuanya karyawan Kebun Teh Gunung Gambir yang tinggal di dalam kawasan perkebunan tersebut.

Titik Rawan Kemacetan di Kabupaten Malang saat Natal & Tahun Baru, Dianjurkan Gunakan Jalur Berikut

Heru menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak manajemen kebun teh.

"Kami meminta supaya pihak kebun mengidentifikasi rumah yang rawan terkena bencana, seperti yang di tepi sungai. Keputusan apakah tetap mau dijadikan lokasi tempat tinggal atau tidak itu ada di pihak kebun, kami tadi hanya menyarankan," tegas Heru.

Seperti diberitakan, terjadi longsor di kawasan kebun teh Gunung Gambir, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember, Sabtu (15/12/2018) sore dan malam.

Longsor itu membuat rumah warga rusak, dan warga pun mengungsi di mess kebun dan ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Tips Pencegahan Penyakit Demam Tiga Hari (BEF) pada Hewan Ternak Sapi di Musim Penghujan

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved