Virus Corona di Blitar

Dokter Meninggal Dunia karena Covid-19, Dinkes Kota Blitar Tracing 197 Pasien yang Sempat Ditangani

Dinas Kesehatan Kota Blitar melakukan tracing mencari pasien yang sempat berobat ke tempat praktik dr Sony Putrananda yang meninggal positif corona.

TRIBUNMADURA.COM/SAMSUL HADI
Tim Dinkes Kota Blitar mencari data rekam medis pasien yang pernah berobat di tempat praktik dr Sony sejak 14-27 Juli 2020. 

TRIBUNMADURA.COM - Dinas Kesehatan Kota Blitar melalui petugas Puskesmas Sukorejo, melakukan tracing mencari pasien yang sempat berobat ke tempat praktik salah satu tenaga kesehatan yaitu dr Sony Putrananda yang meninggal positif virus corona.

Wakil Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, Didik Jumianto menjelaskan, jika sampai hari ini pihaknya terus melakukan tracing, terhadap kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Kebiasaan Buruk Setiap Zodiak: Gemini Senang Bergosip, Sagitarius Suka Judi, Pisces Sering Ngutang

Harga HP Vivo Terbaru Bulan Agustus 2020, Mulai dari Vivo X50, Vivo X50 Pro, Vivo Y30, Vivo Y50

Gaji Ke-13 ASN, TNI-Polri Cair Sebelum Pertengahan Agustus 2020, Tinggal Tunggu Tanda Tangan Jokowi

"Dari hasil tracing rekam medis pasien, kami mendapatkan 197 orang yang pernah berobat di tempat praktik dr Sony Putrananda sejak 14-27 Juli 2020," kata Ketua Harian Penanganan Covid-19 Dinkes Kota Blitar, Didik Jumianto, Minggu (2/8/2020).

Dijelaskan Didik Jumianto pihaknya berusaha mencari data pasien, yang berobat ditempat praktek dr Sony Putrananda pada waktu antara tanggal 14 – 27 Juli 2020.

Didik Jumianto mengatakan, sebanyak 197 orang itu berasal dari Kota Blitar dan Kabupaten Blitar. Rinciannya, 74 orang dari Kota Blitar dan 123 orang dari Kabupaten Blitar. 

Khusus 74 orang dari Kota Blitar tersebar di tiga kecamatan. Yaitu, 40 orang dari Kecamatan Sukorejo, 12 orang dari Kecamatan Sananwetan, dan 22 orang dari Kecamatan Kepanjenkidul.

"Khusus yang Kota Blitar, kami bekerjasama dengan Puskesmas dan kader untuk menghubungi yang bersangkutan dan akan dilakukan tes swab di masing-masing Puskesmas," ujar Didik.

Viral Youtuber Edo Putra, Ibu-Ibu Diprank Daging Kurban Isi Sampah: Masih Muda Menipu Orang Tua!

Obyek Wisata Pantai di Wilayah Malang Selatan Sudah Dibuka Namun Masih Sepi Pengunjung

Ramalan Zodiak Minggu 2 Agustus 2020, Aquarius Sulit Wujudkan Rencana, Pisces Hadapi Kesulitan

Dikatakannya, untuk pasien dr Sony yang dari Kabupaten Blitar akan ditindaklanjuti oleh Dinkes Kabupaten Blitar. Dinkes Kota Blitar sudah menyerahkan data hasil tracing pasien dr Sony ke Dinkes Kabupaten Blitar.

"Untuk yang Kabupaten Blitar, datanya sudah kami serahkan ke Dinkes Kabupaten Blitar," katanya.

Sebelumnya diberitakan, seorang dokter di Kota Blitar, Sony Putrananda (59), meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Dokter

Sony diketahui membuka praktik pribadi di Jl Mawar, Kota Blitar.

Pasien memiliki riwayat penyakit hipertensi dan gangguan jantung. Pasien mengeluhkan demam dan sesak lalu menjalani rapid test dengan hasil non-reaktif pada 24 Juli 2020.

Pada Selasa (28/7/2020) pagi, pasien berobat ke salah satu RS Swasta di Malang dan dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil positif virus corona.

Lalu pasien dirujuk ke RS Rujukan Covid-19 di Malang dan pada Selasa (28/7/2020) malam meninggal dunia.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved