Breaking News:

SNMPTN 2021

Siasati Peluang Lulus SNMPTN SBMPTN 2021 Lewat Tingkat Persaingan Prodi Perguruan Tinggi

Calon mahasiswa diharapkan dapat mempertimbangkan tingkat persaingan atau keketatan seleksi prodi dalam memetakan persaingan SNMPTN dan SBMPTN 2021.

TRIBUNMADURA.COM/SULVI SOFIANA
ilustrasi pendaftaran SNMPTN 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Tingkat persaingan dalam seleksi program studi ( prodi) SNMPTN dan SBMPTN 2021 perlu menjadi pertimbangan calon mahasiswa.

Calon mahasiswa diharapkan dapat mempertimbangkan tingkat persaingan atau keketatan seleksi prodi dalam memetakan persaingan SNMPTN dan SBMPTN 2021.

Mereka dapat memetakan persaingan masuk prodi SNMPTN dan SBMPTN 2021 dengan mengetahui keketatan ataupun rasio peminat di tiap jurusan yang dirilis perguruan tinggi.

Daftar Fakultas dan Jurusan di Unair Universitas Airlangga yang Dibuka pada SNMPTN SBMPTN 2021

Seluk Beluk Pasar Muamalah, Transaksi Pakai Dinar-Dirham, Jam Tutup Cepat, Pendiri Bukan Orang Biasa

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga ( Unair ), Achmad Solihin menjelaskan, data keketatan tersebut dapat digunakan sebagai gambaran tentang peminat prodi di tiap seleksi.

"Tentunya itu sebagai bahan pertimbangan yang disesuaikan dengan kemampuan akademiknya untuk bisa lolos dalam persaingan," urainya, Rabu (3/2/2021).

Iapun menegaskan keketatan prodi merupakan persentase antara persentase peserta yang diterima dengan jumlah pendaftar.

Misalnya, dari total 10.000 pendaftar untuk prodi di bidang Sains dan Teknologi (Saintek), PTN hanya menerima 100 mahasiswa, maka keketatannya sebesar 100:10.000 atau 1:100 atau 1 persen.

Artinya, dari 100 orang pendaftar, hanya 1 orang yang diterima di prodi perguruan tinggi itu.

"Semakin kecil persentase, maka semakin ketat atau tinggi persaingan untuk masuk ke prodi tersebut," urainya.

Berdasarkan data keketatan prodi S1 Unair jalur SNMPTN dan SBMPTN dari tahun 2020, lima prodi dengan keketatan tinggi di bidang Sainstek adalah Kedokteran, Farmasi, Sistem Informasi, dan Kedokteran Gigi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved