Breaking News:

Berita Sumenep

Pelayanan RSUD Abuya Kangean Sumenep Masih Dikeluhkan Pasien, Begini Respons Direktur Rumah Sakit

RSUD Abuya Kangean sebagai rumah sakit yang baru diresmikan oleh Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim dikeluhkan sejumlah pasien.

TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Warga mengakui, saat ini masih banyak keluhan pasien mengenai fasilitas dan pelayanan kesehatan di RSUD Abuya Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. 

Reporter: Ali Hafidz Syahbana| Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - RSUD Abuya Kangean sebagai rumah sakit yang baru diresmikan oleh Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim dikeluhkan sejumlah pasien.

Karena pelayanan yang diberikan kepada pasien dinilai belum memadai dan sarana dan prasarana di rumah sakit kurang, sehingga berpengaruh terhadap pelayanan pasien.

Salah satu contohnya adalah pelayanan yang diberikan terhadap pasien berobat dinilai tidak maksimal dan bahkan sering dirujuk ke daratan atau ke Kabupaten.

Melihat keluhat tersebut, pihak RSUD Abuya Kangean di Pulau Kangean Sumenep ini memberikan penjelasan dan mengakui jika masih kekurangan fasilitas yang kurang memberikan layanan terbaik pada Masyarakat.

Baca juga: Akhir Kisah Pria Kediri Hendak Edarkan Sabu saat Malam Hari, Berujung Kecelakaan dan Diciduk Polisi

Baca juga: Cek 3 Pasangan Shio yang Diramalkan Bisa Menjadi Konglomerat hingga Punya Kondisi Finansial Kuat

Baca juga: Aji Santoso Sebut Kemungkinan Besar Arif Satria Diturunkan dalam Laga Ketiga Grup C Hadapi Persela

Baca juga: Kecelakaan di Mojokerto, Pengendara Sepeda Motor Tewas Tergilas Tronton, Kondisi Korban Mengenaskan

"Iya, karena fasilitasnya memang belum memenuhi syarat. Dokter spesialisnya belum ada dan peralatannya juga belum memadai," kata Direktur RSUD Abuya Kangean Sumenep, H. Musa'id pada Selasa (30/3/2021).

Pihanya mengatakan, pelayanan RSUD Abuya Kangean di Pulau Kangean Sumenep ini hanya berupa oengobatan dasar, misalkan rawat jalan, rawat inap dan lersalinan normal.

Namun untuk pelayanan bagi pasien yang beresiko tinggi, H. Musa'id mengatakan belum bisa dilayani karena belum ada dokter spesialis.

"Disini hanya dokter umum saja," pungkasnya.

Lalu apa langkah ke depan pihak rumah sakit soal fasilitas pelayanan RSUD Abuya Kangean, pihaknya menegaskan jika sudah  mengajukan permohonan. Tujuannya, agar pihak rumah sakit tersebut nanti minimal ada empat dokter spesialis demi memberikan pelayanan terbaik untuk warga kepulauan.

"Iya, tapi sampai sekarang belum ada," katanya.

Diberitakan sebelumnya, pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abuya Kangean Sumenep kepada para pasien yang berobat disana dikeluhkan warga. Sebab pelayanan yang diberikan disebut sangat tidak maksimal dan bahkan dinilai tidak ada bedanya seperti Puskesmas.

Keluhan tersebut diwakili oleh salah satu warga di Pulau Kangean, Mustari menuturkan jika masyarakat atau pasien yang berobat disana mengeluhkan karena pelayanan dan bahkan banyak dirujuk ke Kabupaten.

"RSUD Abuya Kangean ini disayangkan, banyak warga kecewa karena pelayanan itu hanya namanya saja rumah sakit. Kalau pelayanannya ya tidak jauh beda seperti Puskesmas," kata Mustari warga pulau Kangean, Senin (29/3/2021).

Bahkan kata Mustari, Puskesmas yang akhir tahun 2020 lalu diresmikan Bupati Sumenep sebelumnya ini kekurangan fasilitas pasien.

"Gimana disebut rumah sakit wong tidak ada dokter spesialisnya, dokter bedahnya dan dokter yang yang sangat diharapkan memberikan pelayanan pada warga kepulauan. Sampai sekarang banyak sekali warga masih sering dirujuk ke daratan atau ke Kabupaten," tuturnya.

Seharusnya kata Mustari, yang namanya RSUD itu fasilitasnya lengkap untuk memberikan pelayanan atau lebih lengkap dari pelayanan di Puskesmas.

"Kalau sampai saat ini masih banyak pasien atau warga yang berobat lalu sering dirujuk ke Sumenep, sama saja bohong adanya RSUD Abuya Kangean itu," kritiknya.

Atas nama warga pulau Kangean katanya, pihaknya meminta Pemkab Sumenep benar-benar serius soal pelayanan RSUD Abuya Kangean tersebut.

"Kami berharap Pemkap harus serius memberikan pelayanan, ini bukan setengah hati lagi. Tapi kurang dari setenga hati memberikan pelayanan.

Dikonfirmasi Direktur RSUD Abuya Kangean Sumenep, H. Mus'aid belum bisa memberikan keterangan dan bahkan dihubungi melalui telepon pribadinya benerapa kali juga belum ada jawaban.

Baca juga: Simpan Ratusan Pil Dobel L Siap Edar di Rumah, Sopir Truk Asal Kabupaten Kediri Diamankan Polisi

Baca juga: Puncak HPN ke-75 di Bangkalan, Pentingnya Peran Insan Pers Membangun Kondusifitas Iklim Invetasi

Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Cinta Hebat Karya Ifa Fachir dan Adrian Martadinata, OST Kisah Untuk Geri

Baca juga: Lirik Lagu dan Chord Kekasih Bayangan Cakra Khan, Mudah Dimainkan: Aku Tahu Engkau Sebenarnya Tahu

Simak berita lainnya terkait Kabupaten Sumenep

Simak berita lainnya terkait Madura

Simak berita lainnya terkait pelayanan kesehatan

Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved