Breaking News:

Berita Madura

Bangkalan Diterjang Hujan Lebat dan Angin Kencang, BPBD: Berpotensi Terjadi hingga Sepekan ke Depan

Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan, termasuk di Kecamatan Kota.

SURYA/Ahmad Faisol
Hujan deras disertai angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan sejak pukul 12.30 WIB, Senin (6/4/2021). Seperti halnya di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Mlajah 

Reporter: Ahmad Faisol I Editor: Pipin Tri Anjani

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan, termasuk di Kecamatan Kota.

Seperti yang terjadi di kawasan Jalan RE Martadinata mulai pukul 12.30 WIB, Senin (6/4/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris mengimbau masyarakat Bangkalan untuk mewaspadai potensi hujang intensitas sedang hingga deras yang diprediksi akan terjadi hingga sepekan ke depan.

Imbauan itu disampaikan Rizal berdasarkan rilis Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, I Wayan Mustika tertanggal 6 April 2021 yang diterima BPBD Kabupaten Bangkalan.

Dalam rilis disebutkan tentang peningkatan curah hujan sepekan ke depan di Jawa Timur (Jatim), termasuk di Kabupaten Bangkalan.

Baca juga: Napi Rutan Rutan Klas II B Sumenep Tidur Berdesakan karena Over Kapasitas

Baca juga: Polres Pamekasan Awasi Kotak Amal yang Diisukan Sumber Dana Teroris, Antisipasi Ancaman Terorisme

“Kondisi atmosfer terkini terpantau beberapa gangguan atmosfer yang menyebabkan adanya potensi peningkatan intensitas curah hujan di Jatim. Sehingga perlu diwaspadai cuaca ekstrim berpotensi terjadi,” ungkap Rizal kepada Surya, Senin (6/4/2021).

Ia menjelaskan, gangguan pada atmosfer yang menyebabkan berpotensi meningkatnya intensitas hujan juga diakibatkan aktifnya pola tekanan rendah dan siklon tropis seroja di selatan Indonesia. Sehingga terbentuk palung tekanan rendah memanjang dari barat ke timur yang menyebabkan terjadinya zona pertemuan angin di Jatim. 

“Masyarakat Kabupaten Bangkalan perlu berhati-hati terhadap cuaca ekstrem. Baik puting beliung, hujan lebat disertai petir, hujan es, maupun dampak yang dapat ditimbulkannya. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, hingga pohon tumbang,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan infomrasi perkembangan cuaca terkini,

Baca juga: Geledah Sel Rutan Klas II B Sumenep, Petugas Temukan Korek Api hingga Benda Tajam yang Membahayakan

Baca juga: Bunuh Bocah SD di Pamekasan, Pria Sumenep Akui Menyesal, Saat Ditebas Samurai Korban Sempat Bangun

BMKG Juanda membuka layanan informasi cuaca 24 jam. Layanan informasi itu bisa diakses melalui website, http://www.juanda.jatim.bmkg.go.id atau dengan mem-follow media sosial baik di Instagram, Facebook atau Twitter @infobmkgjuanda.

Selain itu, masyarakat bisa juga mengakses melalui aplikasi iOS dan Android "Info BMKG" atau langsung saja kontak ke Kantor BMKG.

“Sebagai bentuk antisipasi dan kewaspadaan terhadap tingginya curah dan intensitas hujan sepekan ke depan, kami juga mengimbau \masyarakat rajin meng-update informasi terbaru dari BMKG tentang prediksi cuaca berikut analisanya. Di antaranya, ikhtiar kesiapsiagaan bencana oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bangkalan,” pungkas Rizal.

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Pipin Tri Anjani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved