Breaking News:

Berita Pamekasan

Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kawal Sosialisasi Pemutakhiran Data IDM dan Pembekalan Pendataan SDGs

Bhabinkamtibmas dan Babinsa mengawal acara sosialisasi pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) dan pembekalan pendataan SDGs

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Suasana saat Bripka Nanang Susanto, Bhabinkamtibmas dan Serda Ach. Firdaus, Babinsa Desa Tobungan, mengawal acara sosialisasi pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) dan pembekalan pendataan Suistanable Development Goals (SDGs) di Balai Desa Artodung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jumat (9/4/2021). 

Reporter: Kuswanto Ferdian| Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Bripka Nanang Susanto, Bhabinkamtibmas dan Serda Ach. Firdaus, Babinsa Desa Tobungan, mengawal acara sosialisasi pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) dan pembekalan pendataan Suistanable Development Goals (SDGs) di Balai Desa Artodung, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jumat (9/4/2021).

Dalam acara tersebut dihadiri Camat Galis, Kasi PMD Kecamatan Galis, Tenaga Ahli Pamekasan, Kades, perangkat Desa Artodung dan BPD Desa Artodung.

Acara sosialisasi itu tampak menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga: Polres Sampang Gelar Pra Operasi Keselamatan Semeru 2021, Cegah Kecelakaan Jelang Ramadan 1442 H

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS 2021: Jadwal, Daya Tampung dan Cara Daftar

Baca juga: Razia Tempat Kos di Kecamatan Sananwetan Blitar, 2 Penghuni Ditemukan Reaktif Rapid Test Covid-19

Baca juga: Maling Pengeras Suara Masjid Ponorogo Beraksi sampai 30 Kali, Takmir Curiga Potongan Kabel Tercecer

Bhabinkamtibmas Desa Tobungan, Bripka Nanang Susanto menjelaskan, sosialisasi pemutakhiran data IDM dan pembekalan berbasis SDGs Desa ini adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detail, dan lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. 

Kata dia, dilakukannya data IDM dan SDGs itu sebagai proses perbaikan. Sehingga ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga. 

"Tujuan SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian," kata Bripka Nanang Susanto kepada TribunMadura.com.

Sementara itu, Kepala Desa Tobungan, Kuswarno mengatakan, Kepala Desa memiliki tanggung jawab yang besar dalam pembangunan desa agar lebih maju.

Kata dia, pembangunan di desa yang dipimpinnya tersebut diarahkan  untuk mendayagunakan potensi desa, atau mengatasi masalah desa. 

Mengacu pada keinginan itulah dibutuhkan data yang valid, lengkap, dan berkelanjutan.

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved