Breaking News:

Berita Sampang

Dinas Pertanian Sampang Dapat Suntikan Dana Rp 4 Miliar dari Hasil Cukai Tembakau, Ini Sasarannya

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Kabupaten Sampang mendapatkan suntikan dana senilai Rp 4 miliar.

TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Petani di Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang, Madura saat menanam padi. 

Reporter: Hanggara Pratama | Editor: Ayu Mufidah KS

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Kabupaten Sampang mendapatkan suntikan dana miliaran rupiah pada tahun ini.

Dana tersebut akan difokuskan untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat, salah satunya membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan dan Hortikultura (KPH) Disperta KP Sampang, Nurdin mengatakan, tambahan dana itu senilai Rp 4 miliar yang merupakan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBH CHT) tahun 2021.

Adapun untuk penggunaan dana tersebut, kata Nurdin, harus sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) dari Peraturan Menteri Keuangan (Permemkeu).

"Berdasarkan Juknis dari Permenkeu dana itu digunakan untuk meningkatkan hasil pertanian masyarakat," ujarnya, Kamis (22/4/2021).

Disebutkan dia, dalam meningkatkan pertanian di Sampang nantinya dapat melalui membantu membangun sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh petani.

Seperti membangun Jalan Usaha Tani (JUT), tujuannya agar dapat membantu mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh petani ketika musim panen atau sebaliknya.

"Bulan nantinya sudah JUT, para petani akan lebih hemat karena sudah tidak lagi membayar kuli angkut saat panen tiba," terangnya.

Lebih lanjut, dalam penggunaan DBH CHT tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk pembangunan saja.

DBH CHT juga dapat digunakan untuk pembibitan, pelatihan, dan pembelian alat mesin pertanian.

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved