Breaking News:

Berita Madura

Antisipasi Sebaran Covid-19, Pemkab Sumenep Keluarkan SE Larangan Mudik Lebaran 1442 H

Pemkab Sumenep mengeluarkan Surat Edaran (SE) warganya yang merantau ke luar kota dilarang melakukan pulang kampung jelang lebaran 1442 H/2021.

TRIBUNMADURA.COM/Ali Hafidz Syahbana
Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dalam kegiatan Apel Pengamanan Larangan Mudik Menjelang Lebaran Idul Fitri 1442 H di Mapolres Sumenep, Senin (26/4/2021). 

Reporter: Ali Hafidz Syahbana I Editor: Pipin Tri Anjani

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Menindaklanjuti keputusan Pemerintah pusat melarang mudik tahun ini, Pemkab Sumenep mengeluarkan Surat Edaran (SE) warganya yang merantau ke luar kota dilarang melakukan pulang kampung jelang Lebaran 2021.

SE tersebut sesuai nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Idul Fitri 1442 Hijriyah. Hal ini dilakukan dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mengatakan, bahwa kebijakan tersebut merupakan langkah antisipasi pemerintah dalam menanggulangi lonjakan penyebaran Covid-19.

"Pemberlakuan SE ini dimulai sejak 22 pril sampai 24 Mei 2021, maka pelarangan mudik secara resmi diberlakukan," kata Achmad Fauzi dalam kegiatan Apel Larangan Mudik Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H di Mapolres Sumenep, Senin (26/4/2021).

Baca juga: 11 Titik Penyekatan Larangan Mudik di Wilayah Mojokerto, Tindakan Tegas Diberikan Bagi Pelanggar

Baca juga: Selama Ramadan 2021, Bupati Pamekasan Gagas Program Belajar Menghafal dan Menulis 30 Juz Al-Quran

Keputusan larangan mudik ini diambil katanya, karena mengaca pada tahun sebelumnya, yakni angka penyebaran virus Covid-19 mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dari itu kata Achmad Fauzi, pemerintah Sumenep mengambil kebijakan untuk tidak mudi bagi warga Sumenep yang merantau atau bekerja di luar kota.

"Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, setiap ada libur yang panjang yang mengakibatkan bertambahnya angka penyebaran Covid-19. Termasuk liburan lebaran tahun 2020 dan Natal tahun 2020 serta tahun 2021," katanya.

Pihaknya berharap, tim Satgas Covid-19 Sumenep harus melaksanakan tugas secara maksimal untuk penjagaan sesuai dengan titik yang telah ditentukan.

"Dari itu laksanakan tugas secara profesional," pintanya.

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Pipin Tri Anjani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved