Breaking News:

Virus Corona di Kediri

Tak Ada Lonjakan Kasus Covid-19, Aparat Gabungan Kota Kediri Tetap Gencar Operasi Penegakan Prokes

Aparat gabungan yang terdiri Satpol PP, TNI dan Polri tetap gencar melakukan Operasi Non Yustisi di sejumlah titik, Selasa (1/6/2021).

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/DIDIK MASHUDI
Petugas gabungan memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di Kota Kediri, Selasa (1/6/2021). 

Reporter: Dididk Mashudi| Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, KEDIRI – Meski tidak terjadi lonjakan kasus Covid 19 pasca libur Lebaran di Kota Kediri, aparat gabungan yang terdiri Satpol PP, TNI dan Polri tetap gencar melakukan Operasi Non Yustisi di sejumlah titik, Selasa (1/6/2021).

Operasi Non Yustisi merupakan langkah Penegakan Peraturan Wali Kota Kediri No 32 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid 19.

Beberapa lokasi menjadi sasaran yakni tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian. Di antaranya, Jalan Bandar Ngalim, Pasar Campurejo, Pasar Bandar dan Pasar Ngadirejo.

Baca juga: Semua Calon Jemaah Haji Sudah Divaksin Covid-19, Kemenag Ponorogo: Tunggu Keputusan Arab Saudi

Selanjutnya untuk memberikan efek jera serta wujud penegakan Perwali, warga yang kedapatan tidak memakai masker langsung ditindak serta harus menjalani sidang di tempat dan diberikan sanksi.

Sekretaris Satpol-PP Kota Kediri Nur Khamid menjelaskan, bentuk sanksi yang diberikan kepada pelanggar bervariasi mulai kerja sosial menyapu jalan, teguran lisan dan tertulis serta denda pengganti masker. 

Seluruh pelanggar diperiksa oleh petugas, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan mencegah Covid-19.

Mohamad Ilham Radita, salah satu pelanggar protokol kesehatan mengaku lupa tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Karena terburu-buru, jadi lupa tidak pakai masker. Tapi besok kalau keluar rumah lagi, saya berjanji akan selalu memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan," ungkapnya.

Selain melakukan penegakan protokol kesehatan, petugas juga  melakukan pemantauan serta menghimbau dan memberikan pembinaan terkait protokol kesehatan, yaitu 5 M kepada masyarakat.

Petugas juga melakukan kegiatan simpatik dengan membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di tempat kegiatan berlangsung.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved