Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan Maut di Azerbaijan Barat Iran, Bus Terbalik Sebabkan 2 Jurnalis Tewas dan 22 Lainnya Luka

Kecelakaan maut di Provinsi Azerbaijan Barat menyebabkan dua jurnalis wanita tewas dan 22 lainnya terluka. Bus terbalik dalam perjalanan dari Teheran.

ISTIMEWA
Ilustrasi kecelakaan maut di Provinsi Azerbaijan Barat, Iran pada Rabu (23/6/2021). 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Terjadi kecelakaan maut di Provinsi Azerbaijan Barat, Iran pada Rabu (23/6/2021).

Kecelakaan maut ini menyebabkan dua jurnalis wanita tewas dan 22 lainnya luka.

Dilansir TribunMadura.com dari Anadoly Agency. kecelakaan berawal dari bus penuh wartawan lokal terbalik saat dalam perjalanan dari Teheran ke Danau Urmia.

Bus muatan wartawan itu terbalik di danau yang terletak di antara provinsi Azerbaijan Timur dan Azerbaijan Barat, tepatnya barat laut Iran.

Dua jurnalis wanita yang tewas dalam kecelakaan maut itu diidentifikasi sebagai Reyhaneh Yassini yang bekerja untuk Kantor Berita Republik Iran (IRNA), yang dikelola negara dan Mahshad Karimi yang bekerja untuk Kantor Berita Mahasiswa Iran (ISNA), media semi-pemerintah.

Menurut para pejabat di Azerbaijan Barat, para wartawan itu sedang melakukan perjalanan ke wilayah itu untuk melaporkan revitalisasi Danau Urmia, lahan basah terbesar Iran dan salah satu danau air asin terbesar di dunia.

Danau Urmia pernah dianggap sebagai danau air asin terbesar di kawasan Timur Tengah, kini kapasitas airnya telah menyusut secara substansial selama bertahun-tahun, dan menjadi penyebab keprihatinan serius.

Para jurnalis yang terluka dipindahkan ke rumah sakit terdekat di Azerbaijan Barat, dengan beberapa dilaporkan berada dalam kondisi kritis.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif
Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif (Wikipedia)

Insiden itu mendapat reaksi dari banyak pejabat pemerintah, termasuk Presiden Hassan Rouhani, Menteri Luar Negeri Javad Zarif dan kepala staf Rouhani Mahmoud Vaezi.

Presiden baru saja mengeluarkan pernyataan tentang kecelakaan itu, mengatakan itu "menyebabkan kesedihan dan kejutan yang mendalam".

"Sambil menghormati jasa berharga para jurnalis pekerja keras yang tidak memiliki perhatian lain selain melayani Iran, saya menyampaikan belasungkawa saya kepada keluarga yang ditinggalkan dan anggota media negara," katanya.

Menawarkan "belasungkawa yang tulus," Zarif dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter mengatakan dia "sangat tersentuh" ​​setelah mendengar berita itu.

Vaezi dalam sebuah pernyataan yang diposting di Instagram mengatakan dia melakukan kontak dengan pejabat provinsi di Azerbaijan Barat dan telah meminta mereka untuk "menggunakan semua kapasitas yang tersedia" untuk merawat yang terluka.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved