Breaking News:

Idul Adha 2021

Satpol PP Ingatkan Warga Surabaya Jangan Berkerumun dan Bergerombol Saat Penyembelihan Hewan Kurban

Jelang pelaksanaan Idul Adha, petugas gabungan di Surabaya rencananya akan melakukan sosialisasi pada Senin (19/7/2021) malam.

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Elma Gloria Stevani
TribunMadura.com/Bobby Koloway
Petugas saat mengecek kesehatan sapi jelang penyembelihan hewan kurban. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com Network, Bobby Koloway
 
TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Jelang pelaksanaan Idul Adha, petugas gabungan di Surabaya rencananya akan melakukan sosialisasi pada Senin (19/7/2021) malam.

Sosialisasi ini untuk mengantisipasi kerumunan jelang Hari Raya Kurban.

Sosialisasi yang dilakukan di antaranya terkait sejumlah pembatasan. Mulai dari peniadaan takbir keliling, peniadaan salat Idul Adha secara berjemaah di masjid hingga penyembelihan korban dengan sedikit petugas.

"Kami menginstruksikan kepada seluruh camat dan berkoordinasi bersama tiga pilar untuk sosialisasi," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya, Eddy Christijanto, Senin (19/7/2021).

Pada Senin malam, misalnya, Satpol PP bersama Linmas dan Kepolisian akan berkeliling. Ini untuk mengantisipasi adanya takbir keliling.

"Takbir cuma ada di musala dan tidak dalam jumlah banyak," katanya.

Kemudian, akan dilanjutkan pada Selasa pagi. Petugas gabungan akan sosialisasi soal peniadaan salat Idul Adha dan penyembelihan kurban.

"Nanti malam kami akan berkeliling. Kemudian, kami juga memantau salat Idul Adha," katanya.

"Termasuk, di tempat penyembelihan kurban. Boleh di luar RPH (Rumah Pemotongan Hewan), namun tidak boleh kerumunan. Penyembelihan hanya boleh dilakukan jagal dengan dibantu maksimal 5 orang. Lainnya, tidak boleh datang," jelas Eddy.

Sosialisasi ini akan dilakukan dengan pendekatan humanis.

"Kami libatkan satker kecamatan untuk berkeliling mulai subuh untuk persiapan salat Ied dan penyembelihan kurban," katanya.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya mengeluarkan Surat Edaran (SE) PPKM Darurat Covid-19 di tempat ibadah dan petunjuk pelaksanaan malam takbiran, salat Idul Adha dan petunjuk teknis pelaksanaan kurban tahun 1442/2021 M di Kota Surabaya.

SE ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 18 tahun 2021, SE Menteri Agama nomor 17 tahun 2021, SE Gubernur Jatim nomor 451/14901/012.1/2021, dan juga SE Wali Kota Surabaya nomor 443/7787/436.8.4/2021 tentang PPKM Darurat Covid-19 di Surabaya.

Simak artikel lain terkait Idul Adha 2021, Satpol PP, Kota Surabaya

FOLLOW JUGA:

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved