Breaking News:

Wabah Virus Corona

Catat, 8 Hari Pertama Gejala Terinfeksi Virus Corona Muncul Berpeluang Besar Tularkan ke Orang Lain

Penularan virus corona atau Covid-19 terjadi lebih besar ketika seseorang yang terinfeksi berada pada minggu pertama sakit begitu muncul gejala.

Editor: Elma Gloria Stevani
PIXABAY/geralt
Ilustrasi virus Covid-19 membutuhkan waktu selama delapan hari untuk menular ke orang lain. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Kabar lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Delta yang semakin kuat beredar di kalangan masyarakat dan menimbulkan berbagai asumsi.

Masyarakat dibuat bingung tentang proses penularan virus corona terhadap seseorang yang telah terinfeksi Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban paparkan penjelasan tentang penularan virus seseorang yang terinfeksi Covid-19.

Dikutip dari akun Twitter Zubairi Djoerban @ProfesorZubairi pada 1 Juli 2021, seseorang yang terinfeksi Covid-19 bisa menularkan virus kepada orang lain selama delapan hari.

Rata-rata virus dapat menular selama delapan hari setelah gejalanya timbul pada seseorang yang terinfeksi.

Waktu penularan virus tersebut diungkapkan oleh Profesor Zubairi yang merujuk pada penelitian Jeroen van Kampen, konsultan mikrobiologi, dan ahli virologi dari Erasmus Medical Center.

Penelitian Jeroen van Kampen mengungkapkan bahwa virus SARS-CoV-2 tidak ditemukan pada sampel saluran nafas setelah hari kedelapan.

Virus SARS-CoV-2 yang sengaja dikembangkan dalam penelitian Jeroen van Kampen tersebut tidak ditemukan setelah hari kedelapan sejak adanya gejala pada orang yang terinfeksi.

Kemungkinan seseorang yang terinfeksi untuk menularkan Covid-19 kepada orang lain setelah hari ke delapan, kurang dari lima persen.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved