Breaking News:

Berita Jawa Timur

Gubernur Khofifah Klaim PPKM Level 4 Berhasil Landaikan Kasus Covid-19 d Jatim sampai 50 Persen

PPKM Level 4 yang diterapkan di Jatim sebagai perpanjangan PPKM Darurat, diklaim efektif dalam menurunkan lonjakan kasus Covid-19.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berbincang dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Rektor Unesa saat meninjau vaksinasi di Unesa, Selasa (3/8/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, PPKM Level 4 yang diterapkan di Jatim sebagai perpanjangan PPKM Darurat, efektif dalam menurunkan lonjakan kasus Covid-19.

Khofifah Indar Parawansa mengatakan, PPKM Level 4 yang kini diperpanjang di Jatim telah menurunkan lonjakan kasus Covid-19 hingga 50 persen.

Karenanya, Khofifah Indar Parawansa mengajak warga untuk mendukung perpanjangan PPKM Level 3 dan Level 4 di Jatim hingga tanggal 9 Agustus 2021, sebagimana telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kalau kita evaluasi dari penerapan PPKM Darurat yang kemudian diperpenjang PPKM Level 4 hingga sekarang, itu alhamdulillah kasus terkonfirmasi positif kita sudah melandai," kata Khofifah Indar Parawansa saat diwawancara di Kampus Unesa, Surabaya, Selasa (8/3/2021), 

"Kita sempat sebelum PPKM Darurat, tambahan kasus harian kita itu hampir 8000 per hari. Sekarang sudah hampir 3000 an per hari. Itu datanya kita dapat autorilis dari masing-masing laboratorium di Jatim," tambahnya.

Baca juga: Masa PPKM Level 4 di Kota Kediri Diperpanjang, Pemkot Siap Vaksinasi dengan Sasaran Ibu Hamil

Tidak hanya dari segi tambahan kasus harian, namun indikasi melandai juga ditunjukkan dari tingkat keterisian bed perawatan Covid-19 di Jatim.

Sebelum PPKM Darurat, BOR isolasi di Jatim mencapai di angka 84 persen. Namun saat ini sudah menurun menjadi 67 persen.

"Kemudian BOR ruang ICU, sekarang secara regional sudah 80 persen. Padahal seelum PPKM Darurat ada daerah yang sempat 94 persen. Artinya sudah melandai," tegasnya.

Lebih lanjut, Khofifah menegaskan bahwa kondisi ini harus dijaga oleh semua pihak.

Untuk itu pembatasan mobilitas yang dilanjutkan di PPKM level 4 hinggal 9 Agustus 2021 ini harus ditaati bersama.

Selain mobilitas, penerapan 5M juga tetap harus ditegakkan.

Baca juga: Kabupaten Sumenep Kini Naik Status Jadi Wilayah Terapkan PPKM Level 4, Ini Dampaknya pada Masyarakat

Meski saat ini sudah ada kelonggaran untuk pelaku usaha dengan dibolehkan makan di tempat dengan waktu terbatas, namun prokes mengenakan masker dan juga menjaga jarak ia tekankan untuk tidak dilanggar.

Hari ini ia juga akan menerbitkan SK Gubernur Jatim terkait PPKM LEvel 4 yang kembali diperpanjang hingga 9 Agustus 2021.

"Dan vaksinasi juga menjadi hal yang terus kita maksimalkan. Per hari ini yang sudah jatuh tempo vaksinasi dosis kedua ada sebanyak 4,2 juta orang. Maka kita minta ke Menkes agar dropping vaksin dipercepat," tuturnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved