Breaking News:

Kumpulan Doa

Agar yang Punya Utang Cepat Melunasi Kewajibannya, Inilah Bacaan Doa dan Amalan Pembuka Pintu Rezeki

Jika hal ini terjadi, kita yang memberikan utang sebaiknya bersabar sambil mendoakan agar orang yang berutang segera mampu membayar utang.

Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Dalam kitab Fiqhur Ridha disebutkan bahwa dianjurkan bagi pemberi hutang untuk mendoakan temannya yang telat bayar utang dengan doa berikut. 

TRIBUNMADURA.COM - Utang piutang diperbolehkan dalam Islam. Bahkan kita dianjurkan memberikan pinjaman kepada saudara atau teman kita yang membutuhkan.

Ketika kita memberikan pinjaman, Allah SWT akan memberikan pahala. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah, Rasulullah bersabda:

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُقْرِضُ مُسْلِمًا قَرْضًا مَرَّتَيْنِ إِلاَّ كَانَ كَصَدَقَتِهَا مَرَّة

"Setiap Muslim yang memberikan pinjaman kepada Muslim lainnya sebanyak dua kali, maka pahalanya seperti orang yang bersedekah satu kali."

Namun tentunya bagi orang yang berutang, jika mampu harus cepat melunasinya. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda;

إِنَّ خِيَارَكُمْ أَحْسَنُكُمْ قَضَاءً

"Sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik dalam pengembalian utang."

Namun terkadang orang yang punya utang telat melunasi kewajibannya.

Jika hal ini terjadi, kita yang memberikan utang sebaiknya bersabar sambil mendoakan agar orang yang berutang segera mampu membayar utang.

Dalam kitab Fiqhur Ridha disebutkan bahwa dianjurkan bagi pemberi hutang untuk mendoakan temannya yang telat bayar utang dengan doa berikut:

Halaman
1234
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved