Breaking News:

Otomotif

Sering Pilih Pertamax Untuk Kendaraan Pribadi?, Simak Penjelasan Ahli

Perawatan kendaraan bermotor juga tak lepas dari pemilihan bahan bakar yang tepat. Terlebih untuk menjaga performa mesin supaya awet

Editor: Samsul Arifin
Gridoto
Ilustrasi BBM 

TRIBUNMADURA.COM – Perawatan kendaraan bermotor juga tak lepas dari pemilihan bahan bakar yang tepat. Terlebih untuk menjaga performa mesin supaya awet.

Lantas seberapa besar pengaruh dari bahan bakar minyak (BBM) yang tepat untuk menjaga performa mesin. Tentunya, dengan perawatan servis secara berkala

Faktanya, penggunaan BBM dengan kualitas tinggi dapat membantu menjaga mesin tetap bandel. BBM berkualitas akan memiliki nilai oktan yang juga lebih tinggi.

Dalam penggunaannya, BBM beroktan tinggi akan lebih baik dan dapat menjaga performa mesin.

Alhasil, mesin kendaraan akan lebih terawat ketimbang menggunakan BBM dengan nilai oktan yang rendah.

Baca juga: PT Pertamina Ajak Masyarakat Madura Pakai BBM Ramah Lingkungan, Sarankan Ganti Pertalite & Pertamax

Jika berbicara soal nilai oktan, bahan bakar Pertamax jadi yang terbaik di antaranya.

BBM dengan nilai oktan 92 ini punya kualitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan BBM jenis Pertalite dan lainnya.

Peneliti dan Pengamat Otomotif Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia Riyanto mengungkapkan bahwa penggunaan Pertamax dapat berdampak positif untuk kendaraan bermotor.

Pertamax yang bernilai oktan tinggi dapat membuat proses pembakaran pada mesin kendaraan menjadi lebih baik dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

"Selain itu, dengan pembakaran yang baik pada bagian mesin tentunya akan membuat emisinya berkurang dibandingkan dengan menggunakan BBM yang kualitasnya di bawah Pertamax," ujar Riyanto.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved