Breaking News:

Berita Jawa Timur

Usai Dilantik, 16 Kepala OPD Baru Jalani Pembekalan Managerial Hingga Anti Korupsi Di BPSDM Jatim

16 orang pejabat tinggi pratama mulai menjalani pembekalan dan pelatihan berupa orientasi dan pengembangan kompetensi

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Samsul Arifin
TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Sekdaprov Jatim memberikan sambutan dalam pembekalan dan pelatihan berup orientasi dan pengembangan kompetensi, pada 16 kepala OPD baru yang baru dilantik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, sebelum menerima surat perintah melaksanakan tugas, Senin (20/9/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Usai dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sebanyak 16 orang pejabat tinggi pratama mulai menjalani pembekalan dan pelatihan berupa orientasi dan pengembangan kompetensi, sebelum menerima surat perintah melaksanakan tugas, Senin (20/9/2021). 

Para pejabat eselon dua tersebut menjalani pembekalan di kantor BPSDM Provinsi Jawa Timur selama tiga hari ke depan. Mereka dibekali tentang managerial hingga pencegahan tidakan korupsi. 

Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai mengatakan, pembekalan ini diberikan pada mereka karena ini adalah tahapan baru bagi mereka yang telah berhasil dipromosikan naik jabatan menjadi eselon dua.

“Gubernur sudah melantik 16 orang pejabat tinggi pratama, bedanya mereka ini adalah eselon tiga yang berhasil dipromosikan menjadi eselon dua. Harapannya dengan naik status ini maka pola kepemimpinan mereka juga akan berubah,” tegas Aries. 

Sebagaimana diketahui bahwa setelah menjabat sebagai eselon dua, mereka tentunya saat ini telah memiliki bawahan yang nantinya akan menjadi bagian dari tim mereka masing-masing. Selain itu mereka juga akan memiliki atasan langsung yaitu Sekda. 

Baca juga: Gubernur Khofifah Pastikan Setiap Desa Miliki PAUD, Pinta Bunda PAUD Turut Bantu Penurunan Stunting

Maka pola-pola managerial dan kepemimpinan inilah yang dibekalkan pada para pejabat tinggi pratama yang baru dilantik. Agar mindset mereka juga berubah sebelum nanti mulai menjalankan tugas. 

“Selain itu juga diberikan pembekalan bagaimana agar mereka terhindar dari korupsi, dan bagaimana hubungan mereka dengan antar OPD serta yang tak kalah penting adalah bagaimana mereka bisa mendukung visi misi Gubernur,” ucapnya.

Sejumlah narasumber disiapkan untuk mengisi pembekalan ini. Mulai dari Kemendagri, Bappenas, BPKP, hingga akademisi. Selain itu juga dilibatkan TNI Polri yang melatih baris berbaris. Sebab sebagai kepala OPD mereka juga akan memimpin apel sehingga perlu dibekali hal terkait.

“Acaranya tiga hari. Dipenutupan nanti ibu gubernur akan hadir sekaligus harapannya sekalian menyerahkan SPMT,” tegasnya.

Sementara itu, sebelumnya, Gubernur Jatim Khofifah  Indar Parawansa saat pelantikan menyampaikan bahhwa memang ada peningkatan dari status mereka dari yang semula bukan bukan policy maker kini menjadi menjadi penentu kebijakan yaitu khususnya dari yang eselon tiga naik ke eselon dua.

“Sekarang ini saudara bergerak menjadi komandan dan pemimpin di lingkungannya masing-masing. Sebagai seorang kepala OPD maka saya ingin saudara bisa menyiapkan superteam, jadikan lingkungan anda sebagai superteam mewujudkan Jatim Cettar,” pungkas Khofifah.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved